PENGARUH PEMBELAJARAN DIAGRAM ROUNDHOUSE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN METAKOGNITIF SISWA SMA N 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Yuni Wibowo, Asri Widowati, Titik Krisnawati

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembela- jaran dengan diagram Roundhouse terhadap kemampuan kognitif, dan metakognitif siswa kelas XI SMA N 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Ngaglik Sleman. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah se­luruh siswa yang terdapat pada kelas XI IPA 1 dan IPA 2 yang ditentukan berdasarkan pertimbangan guru mata pelajaran biologi. Penelitian dilakukan dengan design penelitian semu dengan design nonrandomized control group pretes dan postes design. Instrumen penelitian yaitu soal tes dan lembar inventori metakognitif. Data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji anakova dan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian pada kelas dengan pembelajaran menggunakan diagram Roundhouse diperoleh data rata-rata ke­mampuan kognitif sebesar 71,41 dan kemampuan metakognitif 115,2.. Sementara itu pa­da kelas pembelajaran konvensional diperoleh data rata-rata kemampuan kognitif sebesar 57,33, dan kemampuan metakognitif 113, 76. Hasil uji statistik data diatas diperoleh nilai signifikansi kemampuan kognitif 0,002, dan kemampuan metakognitif 0,00. Hal ini berar- ti ada perbedaan kemampuan kognitif dan metakognitif kelas kontrol dan eksperimen.

Keywords

Pembelajaran Diagram Rounhouse; Kemampuan Kognitif dan Metakognitif

Full Text:

PDF

References

Anderson, L.W& Krathwohl, D.R., 2001. A Taxonomy for Learning Teach­ing and Assesing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education­al Objectives. New York: Addi­son Wesley Longman, Inc.

Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ary, D., Jacobs, L.C., Razavieh, A., 1982. Pengantar Penelitian da­lam Pendidikan. Terjemahan Arief Furchan. Surabaya: Usaha nasional.

Azwar, S. 2007. Sikap Manusia. Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Costa, A.L. & Kallick, B. 2000. Habits of Mind. USA: Association for Su­pervision an Curriculum devel­opment.

Dahar, R.W, 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Depdiknas. Model-model Pembelajaran, (online),(http://www.puskur.net/download/naskahakademik/bidangketra

mpilan/lifeskills/matematikasmk/modelpembelajaran2.doc, diakses tanggal 28 Juli 2008).

Depdiknas. 2004a. Standar Kompetensi Guru SMA. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Hackney, M.W.& Ward, R.E. 2002. How To Learn Biology Via Roundhouse Diagram. The Amer­ican Biology Teacher, 64(7): 525­534.

Hartono. 2008. SPSS 16.0. Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogya- karta: Pustaka Pelajar.

Livingston, J. 1997. Metacognition: An Overview. (on-line),

(http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/Metacog.htm, diakses tanggal 17 Desember 2007)

Nurhadi, Yasin, B., dan Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.Malang: Universitas Negeri Ma­lang.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media.

Slavin, R.E. 2000. Educational Psychol­ogy. Theory and Practice. Johns Hopkins University.

Sonneman. 2002. Mahir Berbahasa Vis­ual. Terjemahan. Budi Juliman. Bandung: Kaifa.

Sudrajat. H. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi; Pembaharuan Pendidikan dalan Undang-Undang Sisdiknas 2003. Bandung: Cipta Cikas Grafika.

Ward,R.E & Lee, W.D., 2006. Under­standing The Periodic Table of Elements via Iconic Mapping and Sequential Diagramming: The Roundhouse Strategy. Science Activity Vol. 42. No. 4.

Ward,R.E & Wandersee, J. 2001. Visual­izing Science Using The Round­house Diagram. Science Scoope. Januari 2001. 24; 4; ProQuest Education Journals.

Ward,R.E & Wandersee, J. 2002. Strug­gling to understand abstract sci­ence topics: a Roundhouse dia­gram-based study. Internatinal Journal of Science Education. 2002. vol. 24, No. 6, 575-591.

Yulius. 2005. Pengaruh Pemanfaatan Gambar dan Hewan Asli dalam Pembelajaran Materi Pokok Arthropoda melalui Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Tesis Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana UM. Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Bigraf Publishing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.