SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat)

Jurnal SEMAR adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan dan dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai persoalan dalam masyarakat.

Artikel yang dimuat dalam Jurnal SEMAR dapat berupa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan dan Pengembangan Masyarakat.

Jurnal SEMAR terbit 2 (dua ) kali dalam 1 ( satu ) tahun yaitu bulan Mei dan November. Jurnal ini telah terakreditasi  SINTA 5 berdasarkan hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 melalui Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor  200/M/KPT/2020, tanggal 23 Desember 2020 dan di indeks di beberapa lembaga pengindeks, yaitu Google Scholar, Portal Garuda, Crossref, Road, Base, Dimensions, OpenAire, WorldCat dan Scilit.

Silahkan mempublikasikan paper melalui link berikut, untuk pedoman penulisan ada pada link berikut.  Penulis yang ingin menyerahkan naskah  ke redaksi Jurnal SEMAR harus mematuhi pedoman penulisan, apabila naskah yang dikirimkan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, naskah tersebut akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditugaskan, template ada pada link berikut. 


Article in Press

Berisi artikel yang sudah diterima dan dalam proses finalisasi untuk di terbitkan, DOI belum diaktifkan.

Table of Contents

Articles

Fajar Subagyo, Tutik Dwi Ambarwati, Venty Suryanti
Supriyadi Supriyadi
Komariah Komariah, Andriyana Setyawati, Sumani Sumani, Dwi Priyo Ariyanto, Yuli yanti
Nurul Rizka Arumsari, Nanik Ermawati, Muhammad Zainuri
Hanifullah Syukri, Henry Yustanto, F.X. Sawardi, miftah nugroho, Chattri S Widyastuti, Hesti Widyastuti, Bakdal Ginanjar
Umi Salamah, Wiharto Wiharto, Esti Suryani, Nurcahya PT Prakisya, Sigit Setyawan
Ulfah Hidayati, Suranto Aw, Voettie Wisataone, Nadalia Silmi Fathinah, Permata Dian Fathinah
Rutiana Dwi Wahyunengseh, Didik Gunawan Suharto, Wahyu Nurhardjadmo, Son Haji
Sri Wahyuni Muhtar, Jamilah Jamilah, Nurwahidah Nurwahidah
Widi Hartono, Dewi Handayani
Bambang Harjito, Puput Apriyani, Wardatul Jannah
Dwi Ardiana Setyawardhani, Rita Rakhmawati, Mujtahid Kaavessina, Y. Calasanctius Danarto
Umi Salamah, Wiharto Wiharto, Esti Suryani, Nurcahya PT Prakisya
Nurul Rizka Arumsari, Nurzahroh Lailyah, Tina Rahayu
Darwin Habinsaran Pangaribuan, Niar Nurmauli, Dad Resiworo J Sembodo, Setyo Dwi Utomo, Dame Trully Gultom
Arsi Arsi, Andika Tiara Sukma, Suparman SHK, Harman Hamidson, Chandra Irsan, Suwandi Suwandi, Yulia Pujiastuti, Nurhayati Nurhayati, Abu Umayah, Bambang Gunawan