Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

Author Guidelines of Bioedukasi

Terms of submitting manuscript:

  1. Bioedukasi adalah jurnal dimiliki oleh Penididikan Biologi FKIP UNS. Jurnal Bioedukasi akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu murni biologi dan pendidikan biologi. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan terkini atau resensi dari buku ilmiah yang tercakup dalam pembidangan jurnal.

    Untuk tujuan rujukan penulisan artikel untuk Bioedukasi disusun pedoman penulisan artikel yang merupakan acuan bagi para penulis.

    Artikel merupakan hasil karya sendiri, baik berupa hasil penelitian maupun telaah kritis (review) atas isu-isu terkini dalam bidang ilmu murni biologi maupun bidang pendidikan biologi yang belum dipublikasikan dalam jurnal manapun (pernyataan otentisitas harus disertakan dalam artikel). Artikel dapat dibuat dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, sebanyak 5000-6000 kata, setara dengan 8-10 halaman. Artikel diketik dengan font Times New Roman 10 pt, dan single space. Untuk naskah hasil penelitian secara keseluruhan, naskah harus memuat beberapa bagian yang tidak perlu dirinci dengan nomorisasi. Sistematika tersebut, yaitu:

    (1)  Judul: Judul ditulis dalam bahasa Indonesia (maksimal 15 kata) dan bahasa Inggris (maksimal 12 kata)

    (2) Abstrak dalam bahasa Inggris, Abstrak dituliskan menggunakan huruf  Times New Roman 9 pt, spasi tunggal. Usahakan abstrak tidak lebih dari 300 kata. Jika dituliskan dalam bahasa Inggris, nyatakan judul sebagai ABSTRACT.  Hindari penggunaan akronim, singkatan, simbol-simbol dan juga referensi di dalam abstrak. Abstrak dapat menggambarkan informasi kualitatif dan kuantitatif. Abstrak hendaknya mencantumkan 3-5 kata kunci, demikian halnya dengan abstrak dalam bahasa Inggis, kata kunci dinyatakan dalam bahasa Inggris.

    (3) Pendahuluan merupakan tulisan yang memuat beberapa hal terkait dengan latar belakang. Ditulis dalam kisaran yang tidak melebihi 800 kata atau 2 halaman.

    (4) Metode penelitian  mencakup tempat, partisipan/objek penelitian, metode penelitian, alat, bahan dan hal yang menyangkut teknis penelitian, dan analisis data. Dalam penulisannya dapat terdiri dari dua sub judul atau lebih.

    (5) Hasil dan Pembahasan berupa penyajian data hasil riset dan telaah kritis dan mendalam berdasarkan hasil penelitian dan pisau analisisnya, yaitu review literatur. Dalam penulisannya dapat erdiri dari dua sub judul atau lebih. Sub judul hendaknya ditulis tidak dengan huruf kapital, namun ditebalkan dan dicetak miring (italic). Tabel dan gambar diperbolehkan untuk mendukung hasil penelitian dan pebahasan. Dalam menyajikan data dalam bentuk tabel, gunakan penomoran tabel diikuti oleh tampilan tabel yang dimaksud tanpa adanya jeda. Penomoran tabel tersebut yaitu Tabel 1, Tabel 2, dan seterusnya. Dalam naskah, tabel dapat dibuat di dalam salah satu diantara 2 kolom yang tersedia (bisa dengan font yang diperkecil), atau dibuat memanjang dengan lebar yang meliputi 2 kolom. Untuk setiap tabel yang ditampilkan diberikan titel tabel disertai penjelasan dan diletakkan di atas (sebelum tabel).  Penyajian gambar  juga mengikuti penomoran seperti halnya penomoran pada tabel dengan titel gambar diletakkan setelah penyajian gambar (di bawah gambar).  Gambar hendaknya disajikan dalam format file jpeg, giff atau tiff dan berasal dari gambar asli dengan ukuran pikselasi yang tinggi (paling tidak berukuran 500 dpi). File gambar (jpeg, giff atau  tiff ) yang mendukung artikel dapat disertakan dalam file yang sertakan secara terpisah untuk mempermudah dalam proses penyuntingan gambar.

            (6) Kesimpulan, merupakan bagian yang harus ada meskipun
            secara tersirat maupun tersurat sudah disinggung dalam    
            pembahasan

            (7) Ucapan Terima kasih disampaikan kepada sponsor yang
            mendanai penelitian atau pihak yang mereview manuskrip

            (8) Daftar pustaka/referensi dibuat dengan disusun berurut
            secara alfabetis dan mengikuti sistem APA (American
            Phsychological Association) 6th Edition sebagai berikut:

  • Untuk sitasi buku

Altieri, M. (1987). Agro-ecology The Scientific basis of Alternative Agriculture. West View Press: London.

  • Untuk sitasi jurnal dengan satu atau lebih author

Bebbington, A. (1999). Social Capital Development, and Access to Resources in Highland Ecuador. Economic Geography, Vol. 75, No. 4, 395-418. (Contoh untuk penulisan sitasi dari jurnal)

Borman, W.C., Hanson, M.A., Oppler, S. H., Pulakos, E.D., & White, L.A. (1993). Role of early supervisory experience in supervisor performance. Journal of Applied Psychology, 78, 443- 449.

  • Untuk bagian tulisan yang diedit oleh seseorang

Bjork, R. A. (1989). Retrieval inhibition as an adaptive mechanism in human memory. In H. L. Roediger III & F. I. M. Craik (Eds.), Varieties of memory & consciousness (pp. 309-330). Hillsdale, NJ: Erlbaum.

  • Untuk sitasi dari laporan ataupun thesis

Karyanto, P. (2010). Critical Succes Factors for Sustainable Upland Agriculture in Lawu, Indonesia (unpublished Ph.D Thesis Nothern University of Malaysia: Malaysia).

  • Untuk jurnal yang diperoleh dari internet

VandenBos, G., Knapp, S., & Doe, J. (2001). Role of reference elements in the selection of resources by psychology undergraduates [Electronic version]. Journal of BibliographicResearch, 5, 117-123.

  • Untuk sitasi dari sumber dari internet
Sparre, P., and Venema, S.C. (1998) Introduction to tropical Fishes. http//www.fao.org/docrep/W544679.htm.9/28/2010

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access). 

BIOEDUKASI have  CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.

In developing strategy and setting priorities, BIOEDUKASI recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.

BIOEDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License

You are free to:

  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.