Analisis pemahaman konsep matematika materi pecahan ditinjau dari gaya belajar kelas IV sekolah dasar

Berliana Dewi Riang Andaru, Joko Daryanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa kelas IVkonsep matematika pada pecahan ditinjau dari gaya belajar di SD Negeri 03 Jatipuro.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis data pemahaman matematika.konsep meninjau gaya belajar 6 siswa melalui kuesioner, studi dokumen,observasi, dan wawancara siswa. Validasi data dilakukan dengan menggunakan triangulasiTeknik analisis data menggunakan tiga kegiatan secara bersamaan, yaitu pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mampu menyatakan kembali konsep dan menyajikannyakonsep dalam berbagai bentuk representasi, namun masih belum sepenuhnya memenuhi kedua indikator lainnya.Siswa dengan gaya belajar auditori mampu menyatakan kembali konsep dan mengklasifikasikan objeksesuai dengan sifatnya dan belum sepenuhnya memenuhi kedua indikator lainnya.Sementara itu, siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan hal yang mirip dengan gaya belajar auditori,yaitu mampu menyatakan kembali konsep dan mengklasifikasikan objek menurut sifatnya.

Keywords

understanding of mathematical concepts;elementary school; fraction material; learning styles

References

[1] M. Nurhangesti and Seruni, “Faktor - Faktor Pemahaman Konsep Matematika Kajian Literatur,” JMA (Jurnal Media Akad., vol. 2, no. 12, pp. 1–10, 2024.

[2] R. N. Musa, J. F. Monoarfa, and V. E. Regar, “Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Kelas X,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 1040–1048, 2024, doi: 10.31004/cendekia.v8i2.3031.

[3] J. Eppendi, M. Ilham, and N. De Vega, “Analisis Proses Perumusan CP: Merdeka Mengajar?,” Edu Cendikia J. Ilm. Kependidikan, vol. 4, no. 02, pp. 327–338, 2024, doi: 10.47709/educendikia.v4i02.4455.

[4] D. Burak and M. Gültekin, “Verbal-Visual Learning Styles Scale: Developing a Scale for Primary School Students,” Int. J. Soc. Educ. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 287–303, 2021, doi: 10.46328/ijonses.171.

[5] B. DePorter and M. Hernacki, Quantum Leaning. 2020. [Online].

[6] Zahrah U A, Sukarno, and M. I. Sriyanto, “Analisis gaya belajar di rumah selama pandemi covid-19 dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V di sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 9, no. 3, pp. 1–6, 2021.

[7] D. S. Amalia, J. Indrastoeti, and S. Poerwanti, “edukasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika tentang pecahan pada siswa kelas III sekolah dasar,” no. 449, pp. 23–28.

[8] M. Yulianti and M. D. K. Wardana, “Problematika Penjumlahan Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 1310–1324, 2024, doi: 10.31004/cendekia.v8i2.3370.

[9] L. N. B. Armelia, R. Riyadi, and M. I. Sriyanto, “Profil miskonsepsi pemahaman peserta didik terhadap materi pecahan ditinjau berdasarkan gaya belajar visualization auditory kinesthetic (vak) pada peserta didik kelas v sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 10, no. 2, pp. 1–6, 2022, doi: 10.20961/ddi.v10i2.64623.

[10] D. R. Winanda, R. Jumri, and W. Ramadianti, “Penggunaan Media Pecahan Untuk Pembelajaran Matematika Menyenangkan Kelas V SDN 65 Kota Bengkulu,” J. Hum. Educ., vol. 4, no. 3, pp. 553–558, 2024.

[11] K. M. Ntjalama, T. Murdiyanto, and Meliasari, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sman 4 Bekasi,” J. Ris. Pendidik. Mat. Jakarta, vol. 2, no. 1, pp. 13–20, 2020, doi: 10.21009/jrpmj.v2i1.16279.

[12] A. W. Yanti, A. D. P. Kusumawardani, F. M. Rohmah, and U. Kulsum, “Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat Menurut Teori Kilpatrick,” MUST J. Math. Educ. Sci. Technol., vol. 7, no. 1, pp. 30–49, 2022, doi: 10.30651/must.v7i1.10938.

[13] V. F. Pasha and I. N. Aini, “Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self-Regulated Learning,” Teorema Teor. dan Ris. Mat., vol. 7, no. 2, p. 235, 2022, doi: 10.25157/teorema.v7i2.7217.

[14] D. Sari, L, M; Sutirna;Firmasnyah, “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Smp,” J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 6, no. 1, pp. 207–218, 2023, doi: 10.51878/learning.v2i4.1793.

[15] M. R. Usman, Baharullah, and Kristiawati, “Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa,” J. MathEdu, vol. 5, no. 1, p. 62, 2022, [Online]. Available: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/3525%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/download/3525/2336

[16] N. Harahap, Penelitian Kualitatif. 2020. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10

[17] R. Zulfirman, “Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan,” J. Penelitian, Pendidik. dan Pengajaran JPPP, vol. 3, no. 2, pp. 147–153, 2022, doi: 10.30596/jppp.v3i2.11758.

[18] A. F. Hidayat, “Representasi Siswa Visual, Auditori Dan Kinestetik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,” PHI J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, p. 74, 2020, doi: 10.33087/phi.v4i2.103.

[19] H. Danial, Upu and H. Ihsan, “Unraveling The Information Processing in Mathematics Learning Based on Learning Style Preferences,” Himal. J. Educ. Lit., vol. 4, no. 6, pp. 21–27, 2023, doi: 10.47310/hjel.2023.v04i02.026.

[20] L. Wilyam, “Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Di SMP Yayasan Perguruan Istiqomah Islamic Fullday School,” Young J. Soc. Sci. Humanit., vol. 1, no. 2, pp. 42–53, 2025.

[21] M. Purbaningrum and W. Setyaningrum, “Vocational High School Students’ Mathematical Communication: Auditory, Visual, and Kinesthetic Learners,” J. Didakt. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 266–280, 2023, doi: 10.24815/jdm.v10i2.31987.

[22] F. Ainunnisa, F. Septiadi, F. Maulana, and K. Sukabumi, “Volume XI , Nomor 1 , Juni 2025 : Hal 1-8 Jurnal Utile PENDAHULUAN Pendidikan Jasmani memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pendidikan pada peningkatan kesehatan dan kualitas hidup melalui aktivitas fisik . Usaha sadar dan terencana pada pendidikan,” vol. XI, pp. 1–8, 2025.

[23] A. S. Albar and S. L. D. Pramesti, “Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Pola Asuh Anak dalam Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan,” Circ. J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 01, pp. 83–94, 2021, doi: 10.28918/circle.v1i1.3620.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.