Pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar kognitif IPAS materi tradisi dan budaya di sekitarku kelas iv sd se-gugus diponegoro kecamatan jaten
Abstract
Keywords
References
Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature review: Peningkatan hasil belajar kognitif dan motivasi siswa pada materi Biologi melalui model pembelajaran guided inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(2), 51-59. [2] Susanti, L., Listiani, I., & Kurniawati, P. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 510–516. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID [3] Shidiq, M. A., Nurhabibah, P., & Setiawan, E. (2025). Penggunaan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ipas Kelas IV SDN 4 Megugede. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 248-261. [4] Suprapmanto, J., & Zakiyah, S. W. (2024). Analisis Permasalahan Pembelajaran IPAS pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Belaindika :Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 6(2), 199–204. https://belaindika.nusaputra.ac.id/indexbelaindika@nusaputra.ac.id [5] Imawati, I., Rusmawati, R. D., & Nurjati, N. (2021). Media Miniatur Rumah Adat Dengan Panel Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 272-278. [6] Wulandari, P. A., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, S. T., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936 [7] Sapitri, N., Guslinda, & Zufriady. (2021). Pengembangan Media Diorama Untuk Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1589–1598. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8556 [8] Samosir, W. N., Purba, A. N., & Purba, N. (2022). Pengaruh Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh di Kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4784–4793. [9] Wardoyo, S., Armariena, N. D., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 918–925. https://irje.org/index.php/irje. [10] Maulana, A., Israwati, I., & Syafrina, A. (2022). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air di Kelas V SDN 52 Banda Aceh. Elementary Education Research, 7(4). [11] Lestari, T. E., Cahyono, H. E. B., & Kusuma, G. E. (2024). Penggunaan Media Diorama Dalam Pembelajaran Ipas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kaibon 01. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 5936–5942. https://jicnusantara.com/index.php/jicn [12] Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto, Ed.; 3rd ed.). Alfabeta. [13] Jannah, M., & Basit, A. (2019). Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 1(2). [14] Nurkahfi, F. R. K., Adri, H. T., & Ichsan, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pelajaran IPA. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 131-137. [15] Gunawan, Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 12(1), 14–22. [16] Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI. [17] Maulida, N., Asrin, & Sobri, M. (2023a). Pengembangan Media Diorama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Di SDN 35 Ampenan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 3216–3225. [18] Putra, D. K. I., & Suniasih, W. N. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 238–246. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2. [19] Nurfadhillah, S., Wahidah, R. A., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, C. S. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Refbacks
- There are currently no refbacks.