Issue |
Title |
Vol 13, No 2 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Kurikulum Matematika Abad ke-21 di Pendidikan Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas |
Abstract
PDF
|
Nuramalia Hidayati, Effy Mulyasari, Deri Hendriawan, Retno Fidyah Nuryani |
Vol 12, No 2 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Pembelajaran Berbasis STEM di Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Rangka Menyongsong Pencapaian Kompetensi Siswa Abad 21 |
Abstract
PDF
|
Yuyun Elizabeth Patras, Clarissa Yolanita, Diki Akmal Wildan, Lili Fajrudin |
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Implementasi Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS Tentang Aku dan Kebutuhanku pada Siswa Kelas IV SDN 1 Adikarso |
Abstract
PDF
|
Ghazi Inzanul Ardiatama, Wahyudi Wahyudi, Suhartono Suhartono |
Vol 9, No 3 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ASPEK MENGANALISIS DAN MENARIK KESIMPULAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN KLIRONG TAHUN AJARAN 2020/2021 |
Abstract
PDF
|
Syifa Lailatul Mutmainnah, Suhartono Suhartono, Kartika Chrysti Suryandari |
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Penerapan Model Open Ended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V |
Abstract
PDF
|
Ayu Azimatul Maghfiroh, Suhartono Suhartono, Muhamad Chamdani |
Vol 7, No 1 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Adikarso Tahun Ajaran 2017/2018 |
Abstract
PDF
|
Agnesia Fransisca Wahyuningsih, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Suhartono Suhartono |
Vol 13, No 1 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis IPAS tentang Aku dan Kebutuhanku pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gemeksekti Tahun Ajaran 2023/2024 |
Abstract
PDF
|
Indi Anggraeni, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Moh Salimi |
Vol 11, No 3 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Deepening Understanding of Specific Issues through Structured Academic Controversy: A Perspective of Cooperative Learning |
Abstract
PDF
|
Ryan Purnomo, Nur Nafisatul Fitriyah, Suprapti Suprapti, Muhammad Muharrom Al Haromainy |
Vol 13, No 1 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Sitibentar pada Pembelajaran IPAS dengan Media Earth Project |
Abstract
PDF
|
Pawit Riatmo, Suhartono Suhartono, Achmad Basari Eko Wahyudi |
Vol 13, No 1 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Jatisari Melalui Teknologi Scanning Card Augmented Reality |
Abstract
PDF
|
Afrida Dwi Utami, Kartika Chrysti Suryandari, Murwani Dewi Wijayanti |
Vol 13, No 1 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Implementasi Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Analisis Pembelajaran IPAS Siswa Kelas V |
Abstract
PDF
|
Marliana Setyaningsih, Kartika Chrysti Suryandari, Muhamad Chamdani |
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Penerapan Model Learning Cycle dengan Media Papan Pintar untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS tentang Organ Tubuh Manusia bagi Siswa Kelas V SDN Arjosari Tahun Ajaran 2023/2024 |
Abstract
PDF
|
Rina Resiana Dewi, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Wahyudi Wahyudi |
Vol 10, No 2 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Keterampilan |
Abstract
PDF
|
Inggit Septianingrum |
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS tentang Indonesia Kaya Budaya pada Siswa Kelas IVA SDN Jemur Tahun Ajaran 2023/2024 |
Abstract
PDF
|
Kharisma Fitria Yustiani, Ngatman Ngatman, Suhartono Suhartono |
Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) dalam Peningkatan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Tema 6 Cita-Citaku di Kelas IV SD Negeri 1 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019 |
Abstract
PDF
|
Marchelina Dwi Saputri, Kartika Chrysti Suryandari, Ngatman Ngatman |
Vol 13, No 1 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS tentang Cara Memenuhi Kebutuhanku pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karanganyar 2 Plupuh Tahun Ajaran 2023/2024 |
Abstract
PDF
|
Miftaahur Rahmawati, Wahyudi Wahyudi, Muhamad Chamdani |
Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan |
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Ekspositori terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPS tentang Keragaman Budaya pada Siswa Kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Kutowinangun |
Abstract
PDF
|
Sugiharti Sugiharti, Joharman Joharman, Suhartono Suhartono |
1 - 17 of 17 Items |
|