Implementasi Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS Tentang Aku dan Kebutuhanku pada Siswa Kelas IV SDN 1 Adikarso
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah model inkuiri terbimbing, (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (3) meningkatkan hasil belajar, (4) mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian ini merupakan PTK kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Adikarso. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) implementasi model inkuiri terbimbing melalui langkah-langkah: (a) orientasi; (b) mengembangkan pertanyaan; (c) merencanakan penyelidikan; (d) eksplorasi untuk mengumpulkan data; (e) analisis dan interpretasi data; dan (f) membuat kesimpulan, (2) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I=81,2%, siklus II=84,5%, dan siklus III= 86,7%, (3) peningkatan hasil belajar IPAS dengan ketuntasan siklus I= 84,22%, siklus II= 87,56%, siklus III= 89,07%. Hambatan yang terjadi antara lain suasana kelas yang kurang kondusif dan solusinya guru melakukan ice breaking. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model inkuiri terbimbing secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.