Implementasi Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Analisis Pembelajaran IPAS Siswa Kelas V
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis aspek menganalisis pada pembelajaran IPAS berbantuan powerpoint interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 5 Panjer. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan tes. Teknik uji validitas data berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber data terhadap guru dan siswa. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dalam aspek menganalisis siswa meningkat dari siklus I sampai III. Model quantum learning membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga siswa aktif dan memudahkan mengeluarkan pendapat yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Simpulan penelitian ini adalah implementasi model quantum learning berbatuan powerpoint interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis aspek manganalisis pada pembelajaran IPAS.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.