Deepening Understanding of Specific Issues through Structured Academic Controversy: A Perspective of Cooperative Learning

Ryan Purnomo, Nur Nafisatul Fitriyah, Suprapti Suprapti, Muhammad Muharrom Al Haromainy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menekankan pemanfaatan kontroversi akademik terstruktur sebagai model teknik pembelajaran kooperatif bagi mahasiswa universitas. Meskipun pentingnya berpikir kritis dan pembelajaran kooperatif dalam pendidikan tinggi semakin meningkat, kurangnya teknik yang efektif menghambat perkembangan keterampilan penting ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan efektivitas kontroversi akademik terstruktur dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan mempromosikan pembelajaran kolaboratif di kalangan mahasiswa universitas yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Melalui tinjauan komprehensif terhadap literatur yang ada dan studi kasus, penelitian ini menyoroti implementasi sukses kontroversi akademik terstruktur dalam beragam pengaturan kelas EFL, menampilkan adaptabilitas dan efektivitasnya dalam memfasilitasi pembelajaran kooperatif dan keterampilan berpikir kritis di antara mahasiswa.Temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mahasiswa untuk menganalisis secara kritis isu-isu kompleks, mengembangkan pandangan yang nuansat, dan berinteraksi secara konstruktif dengan sudut pandang yang berlawanan, mengindikasikan potensi kontroversi akademik terstruktur dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kokoh. Sebagai kesimpulan, integrasi sistematis kontroversi akademik terstruktur dalam lingkungan pembelajaran EFL dapat secara signifikan berkontribusi pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan mempromosikan suasana pendidikan yang kolaboratif dan intelektual yang merangsang.

Keywords

kontroversi akademik, konflik intelektual, pembelajaran kooperatif, berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.