Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Sitibentar pada Pembelajaran IPAS dengan Media Earth Project

Pawit Riatmo, Suhartono Suhartono, Achmad Basari Eko Wahyudi

Abstract

IPAS merupakan integrasi dari IPA dan IPS yang bertujuan meningkatkan daya tarik siswa dan mempersiapkan siswa menuju era industri 4.0 dengan keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media Earth Project, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, serta mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penerapannya pada siswa kelas V di SDN Sitibentar. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media Earth Project dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu: siklus I = 74,3%, siklus II = 85,46%, dan siklus III = 87,32%. Kendala yang dihadapi salah satunya pertanyaan siswa saat diskusi yang diatasi dengan penggunaan stimulus. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Earth Project dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. 

Keywords

keterampilan berpikir kritis, earth project, pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.