Kurikulum Matematika Abad ke-21 di Pendidikan Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas

Nuramalia Hidayati, Effy Mulyasari, Deri Hendriawan, Retno Fidyah Nuryani

Abstract

Kurikulum matematika abad ke-21 berperan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa di pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi desain kurikulum yang mendukung keterampilan abad ke-21 melalui integrasi pendekatan modern seperti pembelajaran berbasis masalah dan proyek, serta teknologi seperti GeoGebra. Metode yang digunakan adalah Tinjauan Literatur Sistematis terhadap 49 artikel yang dipublikasikan antara 2014–2024, yang dianalisis menggunakan aplikasi PRISMA dan VOSviewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang memanfaatkan teknologi, kesiapan guru, dan evaluasi berbasis kompetensi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Namun, tantangan seperti akses digital yang tidak merata dan orientasi pada ujian tradisional masih menjadi hambatan signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa reformasi pendidikan yang melibatkan pelatihan guru, peningkatan infrastruktur digital, dan alat evaluasi inovatif diperlukan untuk memastikan keberhasilan implementasi kurikulum matematika abad ke-21.

Keywords

kurikulum matematika, pendidikan dasar, keterampilan abad ke-21, berpikir kritis, kreativitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.