Vol 4, No 3

SEPTEMBER-DECEMBER 2015

DOI: http://dx.doi.org/10.20961/yustisia.v4i3

Internasionalisasi UNS telah menjadi slogan yang kerap disuarakan dalam setiap kesempatan di lingkungan civitas akademika Universitas Sebelas Maret. Sebagai salah satu universitas negeri terkemuka di Indonesia, sudah saatnya UNS menunjukkan wajah prestasinya di kancah Internasional. Saat ini, dalam peringkat ke-691 (dunia) atau ke-6 (Indonesia), UNS sedang menjejakkan langkahnya menuju reputasi Internasional. Selain itu, percepatan publikasi ilmiah yang didukung oleh penggunaan teknologi informasi, telah menghasilkan peringkat 1.223 (dunia) versi Webometrics dan peringkat 367 (dunia) versi Web of Repositories. Di Indonesia, UNS menempati peringkat 6 dari kedua versi penilaian di atas.

Berbagai upaya dilakukan sebagai strategi dalam mempersiapkan kepatutan sebagai salah satu universitas negeri bereputasi Internasional. Dukungan studi lanjut tingkat doktoral terus ditingkatkan, publikasi karya ilmiah senantiasa dipacu untuk terus meningkat lebih baik kualitas maupun kuantitasnya, serta prestasi civitas akademika yang dipupuk dan diapresiasi. Dalam hal peningkatan publikasi ilmiah, seluruh elemen akademik di UNS pun dikerahkan untuk mendukung percepatan peningkatan publikasi ilmiah, khususnya publikasi ilmiah internasional.

Mengapa publikasi ilmiah menjadi penting dalam upaya pencapaian internasionalisasi UNS? Karena melalui publikasi ilmiah kita data berkenalan dengan dunia ilmiah internasional yang begitu luas dan penuh tantangan. Melalui publikasi ilmiah pula kita mampu memperkenalkan identitas kita dengan penuh martabat. Di samping itu, melalui publikasi ilmiah kita mampu berkontribusi dan diapresiasi dengan baik oleh dunia akademik di tingkat Internasional.

Menyikapi cita-cita tersebut menulis salah satu jalan yang utama. Menulis merupakan kebiasaan dan gaya hidup yang harus menjadi bagian dari hidup seorang akademisi. Menulis merupakan kegiatan yang harus dimulai, dibiasakan dan senantiasa diasah agar tidak berkurang ketajaman analisisnya. Sebagai wadahnya, sebuah berkala ilmiah memegang peranan penting sebagai kendaraan publikasi ilmiah. Jurnal Hukum Yustisia dapat ikut berkontribusi dalam meningkatkan publikasi ilmiah yang berkualitas dan bereputasi di tingkat Internasional. Sehingga semuanya dapat bersama menjalin jalan menuju UNS bereputasi Internasional.

Table of Contents

Articles

Paripurna P Sugarda
PDF
504-521
Anis Mashdurohatun, M. Ali Mansyur
PDF
522-540
Dora Kusumastuti
PDF
541-557
Siti Ummu Adillah, Sri Anik
PDF
558-580
Rosita Candrakirana
PDF
581-601
Anis Widyawati
PDF
602-616
Solikhah -, Burhanudin Harahap, Luthfiyah Trini Hastuti
PDF
617-638
Ayub Torry Satriyo Kusumo, Kukuh Tejomurti
PDF
639-664
Adi Sulistiyono
PDF
665-682
Anastasia Reni Widyastuti
PDF
683-699
Kingkin Wahyuningdyah
PDF
700-718
Natalia Yeti Puspita
PDF
719-745
Oksidelfa Yanto
PDF
746-760