Analisis Butir Soal dan Kecukupan HOTS Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Kimia SMK Kelas X

Sri Mulyani, Melani Krismonita, Sri Yamtinah

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan kualitas butir soal yang ditinjau dari daya pembeda, tingkat kesukaran, efektifitas kunci jawaban dan pengecoh serta menganalisis keterpenuhan HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian diskripsi kualitatif dengan sumber data soal UAS Kimia pilihan ganda kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022 SMK Tunas Nusantara. Sampel Kelas X jurusan teknik kimia industri. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Uji validitas menggunakan uji kredibilitas jenis Triangulasi Antar Peneliti. Teknik analisis kuantitatif menggunakan software ITEMAN Version 3.0 dan analisis keterpenuhan HOTS dengan triangulasi antar peneliti. Hasil penelitian, soal memiliki tingkat kesukaran sedang sebesar 40%, daya beda berkategori baik sebesar 20%, efektifitas kunci jawaban sebesar 43,33% dan efektifitas pengecoh sebesar 50%. Sehingga hanya 1 soal yang disimpan, 29 soal dilakukan revisi dan seluruh butir soal termasuk dalam soal LOTS.

Keywords

analisis butir soal; daya beda; tingkat kesukaran; efektifitas kunci jawaban dan pengecoh; High Order Thingking Skill

Full Text:

PDF

References

Absawati, H. (2020). Telaah Sistem Pendidikan Finlandia: Penerapan Sistem Pendidikan Terbaik Dunia Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 64–70. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2136

Bahtiar, Sukmawati, A., & Setiawan, T. (2020). Developing Assessment Of Higher Order Thinking Skills In Physics Learning Based On Local Wisdom. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4), 042045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042045

Damayanti, I., Masykuri, M., & Yamtinah, S. (2017). Development of Electrochemistry Testlet for Measuring Higher Order Thinking Abilities for Student in Vocational High School. The 2nd International Seminar on Chemical Education, 12–13.

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan (Cet. 5). Rineka Cipta.

Jati, R. P., Aprilia, N., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., Dahlan, U. A., Jendral, J., Yani, A., & Selatan, R. (2019). Evaluasi proses penyusunan instrumen penilaian kognitif. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), 1, 233–244.

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom ’ s Taxonomy : An Overview (Vol. 41, Issue 4).

Larkin, T. L. (2014). The Student Conference: A Model of Authentic Assessment. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 4(2), 36. https://doi.org/10.3991/ijep.v4i2.3445

Lewy. (2009). Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Bilangan Di Kelas IX Akselerasi Smp Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika.

Maria, M., Shahbodin, F., & Pee, N. C. (2018). Malaysian higher education system towards industry 4.0 – Current trends overview. AIP Conference Proceedings, 2016(September 2018), 020081. https://doi.org/10.1063/1.5055483

Maulidia, F., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Soal Pilihan Ganda Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Jurusan OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(11), 136–145. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8114

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330

Rahayu, T. D., Purnomo, B. H., & Sukidin, S. (2014). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Pada Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2012-2013. Edukasi, 1(1), 39–43. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1032/829

Tilaar, A. L. F., Sulangi, V. R., & Pelealu, E. M. C. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tes Buatan Guru Mata Pelajaran Matematika Kelas X SMA Negeri 1 Airmadid. Jurnal Sains, Matematika Dan Edukasi, 8(April), 190–196.

Utami, B., Saputro, S., Ashadi, A., Masykuri, M., & Widoretno, S. (2017). Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistry. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 124. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5134

Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Widihastuti. (2014). Model Penilaian Untuk Pembelajaran Abad 21. 21, 283.

Yayuk, E., Deviana, T., & Sulistyani, N. (2019). Kemampuan Guru Dalam Implementasi Pembelajaran dan Penilaian HOTS Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Indonesia Bangkok Thailand. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(November), 107–122.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.