Editorial Policies

Focus and Scope

PAEDAGOGIA Jurnal penelitian Pendidikan   bertujuan untuk menyediakan sebuah forum untuk studi teoritis dan orisinal dalam hal penelitian pendidikan. Jurnal ini menerbitkan makalah-makalah hasil penelitian pendidikan yang disajikan sesuai dengan gaya selingkung PAEDAGOGIA Jurnal penelitian Pendidikan . Makalah harus merupakan penelitian asli, dan harus benar secara metodologis, terinformasi secara teoritis dan relevan dengan problematika pendidikan yang ada.

 

PAEDAGOGIA Jurnal penelitian Pendidikan , lebih spesifik, menerima makalah sebagian besar pada mata pelajaran yang tercantum di bawah ini:
➜ Anak Usia Dini,  Universitas / Pendidikan Perguruan Tinggi
➜ Aspek Kognitif, Afektif, Sosial dan Budaya dalam Pengajaran dan Pembelajaran
➜ Pelatihan Guru / Pendidikan, Guru Preservice
➜ Pengembangan Profesi Guru
➜ Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan
➜ Pengukuran dan Penilaian dalam Pendidikan
➜ Teknologi Pendidikan, TIK dalam Pendidikan
➜ Administrasi Pendidikan dan Pengawasan
➜ Kebijakan Pendidikan dan Kepemimpinan
➜ Masalah Didaktik / Pedagogis
➜ Strategi Belajar Mengajar
➜ Metodologi untuk Penelitian Pendidikan
➜ Pendidikan Jarak Jauh, E-Learning, Blended Learning
➜ Psikologi Pendidikan
➜ Bimbingan dan Konseling
➜ Pendidikan Matematika
➜ Pendidikan Sains
➜ Pendidikan Khusus
➜ Pendidikan Seni
➜ Pendidikan Sejarah
➜ Pendidikan Lingkungan
➜ Statistik Pendidikan
➜ Pendidikan Bahasa
➜ Pendidikan Musik


 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Proses  peer review adalah untuk memastikan bahwa hanya artikel yang baik yang diterbitkan. Ini adalah proses obyektif dalam proses  penerbitan ilmiah yang baik dan dilakukan oleh semua jurnal ilmiah terkemuka. Reviewer kami memainkan peran penting dalam mempertahankan standar tinggi pada PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan  dan semua naskah ditinjau oleh Reviewe dengan mengikuti prosedur yang diuraikan di bawah ini.

Evaluasi naskah awal Para Editor pertama-tama mengevaluasi semua manuskrip. Editor menentukan proses apakah artikel dapat dilanjutkan pada proses review oleh Reviewer ataukah  Naskah ditolak karena naskan tidak  cukup asli, memiliki cacat ilmiah yang serius, memiliki tata bahasa yang buruk atau bahasa Inggris, atau berada di luar tujuan dan ruang lingkup jurnal. Mereka yang memenuhi kriteria  diteruskan ke setidaknya 2 ahli/ Reviewer untuk ditinjau.

Jenis Peer Review pada PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan  menggunakan blind review tunggal, di mana Reviewer tetap tidak mengetahui identitas penulis naskah selama proses review berlangsung .

Reviewer dipilih sesuai dengan kemampuan dari reviewer dan riwayat penelitian yang telah dilakukan oleh reviewer. PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan   memiliki mitra bebestari yang kompeten dan memiliki track record penelitian dan kepakaran sesuai dengan bidangnya masing masing yang bersal lebih dari 10 Universitas Terkemuka di Indonesia

Reviewer melaporkan hasil Review dan diminta untuk mengevaluasi apakah :

- Apakah orisinal

- Apakah benar secara metodologis

- Mengikuti panduan yang sesuai

- Memiliki hasil yang disajikan dengan jelas dan mendukung kesimpulan

- menggunakan referensi yang relevan

Koreksi bahasa bukan bagian dari proses review  kali ini melainkan terdapat pada proses Copy Editor untuk menentukan apakah naskah yang sudah layak diterbitkan memiliki tata bahasa yang perlu diperbaiki atau tidak , tetapi Reviewer melakukan proses menyarankan koreksi terhadap naskah jika memang diperlukan.

Berapa lama proses peninjauan berlangsung?

Waktu yang diperlukan untuk proses peninjauan tergantung pada tanggapan dari Reviewer. Jika laporan Reviewer bertentangan satu sama lain maka pendapat ahli lebih lanjut(Reviewer ketiga) akan dicari. Jpada tahap ini Editor memiliki kewenangan  untuk menerima, menolak atau meminta penulis untuk revisi dibuat pada hanya berdasarkan hasil  laporan Reviewer pertama, kedua dan ketiga. Keputusan Editor akan dikirim ke penulis dengan rekomendasi yang dibuat oleh Reviewer, yang biasanya menyertakan komentar verbatim oleh Reviewer. Naskah yang direvisi dapat dikembalikan ke Reviewer awal yang kemudian dapat meminta revisi lain dari naskah. Reviewer juga mengisi review form untuk memberikan garis garis besar review yang dilakukan

Laporan akhir Keputusan akhir untuk menerima atau menolak naskah akan dikirim ke penulis bersama dengan rekomendasi yang dibuat oleh Reviewer, dan dapat menyertakan komentar dari Reviewer.

.

Menjadi Reviewer untuk Journal of Choice Modeling Jika Anda saat ini tidak menjadi Reviewer untuk Journal of Choice Modelling tetapi ingin dianggap sebagai Reviewer, silakan hubungi editor. Manfaat dari perRevieweran untuk Journal of Choice Modelling termasuk kesempatan untuk membaca, melihat dan mengevaluasi karya terbaru di area penelitian Anda pada tahap awal, dan untuk berkontribusi pada integritas keseluruhan penelitian ilmiah dan dokumentasi yang dipublikasikan. Anda juga dapat mengutip karya Anda untuk Journal of Choice Modeling sebagai bagian dari persyaratan pengembangan profesional Anda untuk berbagai Masyarakat dan Organisasi Profesional.

 

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics


 

PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan ISSN 0126-4109 (Print) 2549-6670 (Online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, tersedia dalam bentuk cetak dan online dan diterbitkan dua  kali setahun. Berikut adalah etika penerbitan dalan jurnal PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikanmeliputi tugas Editor, Reviewer, dan Penulis  dalam pengelolaan jurnal ini

Editor

  1. Editor bertanggung jawab untuk menentukan artikel yang akan masuk dalam proses review.
  2. Editor akan memutuskan publikasi artikel setelah melalui rapat dewan editor.

 Reviewer

  1. Reviewer bertanggung jawab untuk merekomendasikan kelayakan publikasi naskah yang dikirimkan.
  2. Reviewer berhak memberi kritik dan saran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas naskah yang dikirimkan.

 Penulis

  1. Artikel yang dikirim penulis merupakan hasil pemikiran dan penelitian yang orisinil, jujur, bebas dari plagiarisme dan manipulasi data.
  2. Artikel yang dikirim belum pernah dipublikasikan dan/atau sedang dalam proses pengajuan ke jurnal lain.
  3. Kutipan yang ada dalam naskah harus disertai sumber kutipan yang jelas dan dicantumkan dalam referensi.
  4. Setiap personel (mahasiswa atau supervisor) yang masuk dalam skema penelitian harus dimasukan menjadi penulis.

 


 

PLAGIARISM CHECKER

Setiap naskah yang diterbitkan terlebih dahulu dilakukan proses pengecekan plagiarisme dengan bantuan aplikasi Turnitin. Naskah akan diproses apabila hasil scan plagiarisme menunjukan hasil dibawah 30%untuk <

PEMBATALAN PUBLIKASI

Penulis tidak diperkenankan untuk membatalkan atau menarik naskah artikelnya, karena pembatalan naskah berdampak pada terbuang secara sia-sia atas tenaga dan waktu berharga yang telah dicurahkan oleh editor dan reviewer.

 

MANAJEMEN REFERENSI

Artikel yang akan di  publikasikan  ke PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan disarankan menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero atau EndNote panduan mendeley dapat di download di sini

 atau lebih lengkapnya dapat dilihat pada proses author guide line berikut

 

 

PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret Surakarta