PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRASI TEMA INDAHNYA NEGERIKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Miftah Devi Amalia, Ferina Agustini, Joko Sulianto

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana kevalidan me­dia diorama pada pembelajaran tematik terintegrasi tema indahnya negeriku, (2) Mengetahui pengembangan Media diorama pada pembelajaran tematik terintegrasi tema indahnya negeriku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Panggang 01 Jepara. Penelitian menggunakan metodologi penelitian  Research dan Development (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini dikem­bangkan dengan prosedur pengembangan model Borg and Gall. (1)Hasil dari analisis data dari validasi ahli media I sebesar 91,25%, ahli media II sebesar 97% dan ahli media III sebesar 79%. Validasi ahli materi I sebesar 91,7%, ahli materi II sebesar88,3% dan ahli materi III sebesar 75%. (2)Uji coba produk dilakukan dua kali yaitu uji coba terbatas dan uji coba perluas, uji coba terbatas di lakukan di SDN 1 Panggang Jepara dengan respon siswa  sebesar 92,2% dan respon guru sebesar 92,5%.. Uji coba perluas di lakukan di 2 SD yaitu SDN 4 Panggang dan SDN 5 Mulyoharjo dengan respon siswa 92% dan respon guru sebesar 87,5% dari analisis tersebut dapat disimpulkan media diorama layak digunakan di sekolah dasar.

 

Kata kunci : media diorama, tematik terintegrasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.