PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING-GIS UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN BERFIKIR KERUANGAN PADA SISWA KELAS X SMA N 1

Yasin Yusup, Sigit Santoso, Binti Istifarida

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi kebutuhan bel­ajar siswa kelas X SMAN 1 Sragen 2016/2017, (2) menentukan kelayakan Pem­belajaran Soal Berbasis GIS (PBL-GIS) e-book yang dikembangkan di SMA N 1 Sragen tahun 2016/2017, (3) menentukan perbedaan kemampuan berpikir spasial sebelum dan sesudah menggunakan e-book PBL-GIS pada materi pelajaran Lithosfer di kelas X IPS SMA N 1 Sragen 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D). Tahapan R & D yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementa­tion, Evaluation). Hasil penelitian menunjuk­kan: (1) kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran antar media lain yang dikemas dengan kreatif dan tidak monoton dalam teks, namun perlu ditambahkan video, begitu pula penggunaan model pembelajaran outdoor bagi siswa untuk segera kenali kejadian yang terjadi di sekitarnya; (2) hasil validasi tim ahli menunjukkan nilai rata-rata 73,2% termasuk dalam kriteria yang memenuhi syarat. Uji coba tanggapan siswa menunjukkan respon positif dengan persentase 83,2% termasuk kriteria yang san­gat layak; (3) perhitungan efektivitas media pembelajaran menggunakan t-test dan hasil tarithmetic = 10,244> ttabel = 1,67. Ini berarti hipotesis penelitian diterima atau dengan kata lain, ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir spasial siswa sebe­lum dan sesudah menggunakan buku berbasis PBL-GIS dalam materi pelajaran litosfer di kelas X IPS SMAN 1 Sragen. di tahun 2016/2017.

 

Kata kunci: metode penelitian dan pengembangan, e-Book Problem Based Learning-GIS, Keterampilan Berpikir Spasial, Litosfer.

 

Full Text:

PDF

References

Amir T., 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media group.

Ariani, N. dan Haryanto, D. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah . Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta : PT Hasil Pustakaraya.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Springer.

BSNP (2006). Instrumen Penilaian Tahap II Buku Teks Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP

Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo, W. 2004. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Houtsonen. L., T. Johansson and Ilta-Kanerva Kankaanrinta. 2004. GISAS Project–Introducing GIS into European Secondary School Geography and Environmental Education. The 30th Congress of the International Geographical Union. Glasgow.

Jo I., Hong JE, dan Kanika Verma, 2016. Facilitating spatial thinking in world geography using Web-based GIS. Journal of Geography in Higher Education 40(3): 1466-1845.

Lee J. dan Robert Bednarz, 2012b. Effect of GIS Learning on Spatial Thinking. Journal of Geography in higher education 33(2):183-198.

Lee J. dan Robert Bednarz, 2012a. Component of spatial thinking: Evidence from a spatial thinking ability test. Journal of Geography 111(1): 15-26.

Lee J., 2005. Effect Of Gis Learning On Spatial Ability. Dissertation. Seoul National University.

Liu Y., Bui EN., Chang CH. Dan Hans G. Lossman (2010) PBL-GIS in Secondary Geography Education: Does It Result in Higher-Order Learning Outcomes?, Journal of Geography, 109:4, 150-158

Pribadi BA., 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.

Sadiman AS., Rahardjo, Haryono A., Rahardjito, 2008. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santoso, S. 2015. Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yusup Y., Sugiyanto, Hadi P., 2012. Peran Sistem Informasi Geografis dalam Pembentukan Spatial Thinking Skills dan Terapannya dalam Pembelajaran Bencana. Globe Vol. 14 :78-80.

Munir, 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.