Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segiempat
Abstract
Realistic Mathematics Education (RME) adalah pendekatan efektif untuk meningkatkan hasil belajar ilmu matematika sekaligus memberikan kesempatan siswa untuk mendapatkan pengalaman nyata dalam memahami konsep matematika. Implementasi RME dalam Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis & McTaggart. Penelitian dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing tiga pertemuan dalam setiap siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil evaluasi belajar siswa pada akhir siklus menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil tes pratindakan, siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah pendekatan pembelajaran matematika realistik diimplementasikan. Namun, juga ada beberapa catatan penting untuk mengoptimalkan konsep ini dalam pembelajaran ilmu matematika pada ruang lingkup yang lebih luas dan untuk hasil yang lebih maksimal. Walaupun Realistic Mathematics Education memberikan peluang siswa untuk berimprovisasi dalam penyelelesaian persoalan matematika secara mandiri, peran pendidik dalam bentuk pendampingan tetap tidak dapat diabaikan untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, komprehensif dan permanen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1), 62–71.
Lubis, A. N. M. T., & Widada, W. (2020). Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 127–133.
Ningsih, P. R. (2013). Penerapan Metode Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pokok Bahasan Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Di Kelas VII E SMP IPIEMS Surabaya. Gamatika, 3(2), 177–184. http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/view/377
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97
Prabowo, A., & Sidi, P. (2011). Potensi PMRI sebagai inovasi dalam pembelajaran matematika. Pdf-Archive.Com. http://www.pdf-archive.com/2011/03/16/12-agung-prabowo-pramono-sidi/12-agung-prabowo-pramono-sidi.pdf
Purna, I. N., Ardana, I. M., & Dantes, N. (2021). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pengendalian Kemampuan Numerik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 160. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32447
Rachmawati, R. (2007). Bab III Metode Penelitian. 2002, 48–58.
Wijayanti, S. (2016). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X.7 Sma Negeri 1 Pulokulon. Magistra, 28(95), 82–88.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Halek. (2016). Kelebihan dan Kelemahan Pendekatan Matematika Realistik, (online) (http://edukasipendidikanmodern.blogspot.co.i d/2016/02/kelebihan-dan-kelemahanpendekatan.html/, diakses 26 Februari 2022).
Sukasmi, S., V Karjiati, V. K., & Sugiyanto, S. (2014) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Siswa Kelas V SD Negeri 10 Curup Timur (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).
Sarismah. (2013). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Segitiga Kelas VII-H Smp Negeri 7 Malang. Skripsi. Tidak di terbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Puweny, Rita Indah. (2021) Naikpangkat.com, Masalah yang Sering Dihadapi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Diakses pada 22 Agustus 2022 dari https://naikpangkat.com/masalah-yang-sering-dihadapi-siswa-dalam-pembelajaran-matematika/
Malik, Irfan A, (2020). Pengetahuanku13.net. Pendekatan Matematika Realistik: Sejarah dan Landasan Filosofis, Karakteristik, Langkah-langkah, Kelebihan dan Kekurangan Pendekatan Matematika Realistik. Diakses pada 22 Agustus 2022 dari https://www.pengetahuanku13.net/2020/01/pendekatan-matematika-realistik-sejarah.html
Dwi Purwanti, Yani. (2017). SMP Islam Terpadu PAPB.sch.id, 10 Karakteristik dan Permasalahan Psikologi Remaja. Diakses pada 26 Juni 2022 dari https://smpislampapb.sch.id/karakteristik-dan-permasalahan-psikologi-remaja/
Fajri, A. (2016). Efektivitas Penerapan Pendekatan Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bulukumba Kec Kajang Kab Bulukumba. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. 68.
Hapipi (2011). Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Sebagai Basis Pembelajaran Matematika. Jurnal Takdis Matematik, Universitas Mataram, 4, 1-13.
Refbacks
- There are currently no refbacks.