Penyerahan

Penyerahan Online

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health?

Ke Login Start New Submission

Butuh nama pengguna dan kata sandi?

Ke registrasi
 

Petunjuk Penulis

Silakan baca pedoman penulisan jurnal AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health, dan harap mengikuti instruksi ini dengan seksama. Naskah yang tidak mematuhi instruksi akan dikembalikan untuk revisi tanpa ulasan. Pemimpin Redaksi berhak untuk mengembalikan naskah yang tidak disiapkan sesuai dengan pedoman penulisan ini.

Penulis harus mengirimkan artikel melalui pengiriman online.

AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health, diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Pangan, Gizi dan Kesehatan Masyarakat (P4GKM) LPPM UNS, merupakan jurnal yang memuat artikel ilmiah hasil kajian penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada para pemangku kepentingan (stakeholder) di bidang pertanian ramah lingkungan, pangan, gizi dan kesehatan masyarakat. Jurnal ini juga menyambut makalah tentang topik terkait lainnya asalkan topik tersebut berada dalam konteks lingkup multi-disiplin yang lebih luas dari Pertanian, Gizi, Kebidanan dan Kesehatan Masyarakat.

 

Format Naskah

  1. Naskah ditulis dalam 11 poin Times New Roman font 1,5 spasi di kertas A4. Margin di keempat sisi adalah 2,5 cm.
  2. Format file pengolah kata berikut dapat diterima untuk dokumen manuskrip utama untuk semua: Microsoft Word (DOC, DOCX) dan format teks kaya (RTF) dengan ukuran tidak lebih dari 3MB.
  3. Format berikut untuk file gambar: Pastikan file karya seni dalam format yang dapat diterima (TIFF, EPS atau file MS Office) dan dengan resolusi yang benar. Pastikan setiap ilustrasi memiliki judul. Teks keterangan disediakan secara terpisah, tidak dilampirkan pada gambar. Keterangan harus terdiri dari judul singkat (bukan pada gambar itu sendiri) dan deskripsi ilustrasi. Simpan teks dalam ilustrasi itu sendiri seminimal mungkin, tetapi jelaskan semua simbol dan singkatan yang digunakan. Beberapa angka dapat dinyatakan sebagai satu angka (mis. 1a, 1b, 1c dll ...), sambil tetap mempertahankan batas maksimum 6.
  4. Teks harus dalam format satu kolom. Jaga tata letak teks sesederhana mungkin. Sebagian besar kode pemformatan akan dihapus dan diganti saat memproses artikel.
  5. Nomor halaman terletak di kanan atas.
  6. Gambar dan Tabel ditempatkan dalam manuskrip (terintegrasi dengan manuskrip utuh).

 

Bagian naskah ditulis dalam urutan ini, yaitu .:

JUDUL
ABSTRAK
PENGANTAR
BAHAN DAN METODE
HASIL DAN PEMBAHASAN
KESIMPULAN
UCAPAN TERIMA KASIH (Jika ada)
DAFTAR PUSTAKA

 

JUDUL

Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia, Times New Roman 12pt, Bold.


Abstrak
Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menggunakan huruf Times New Roman 11pt, spasi 1, dengan panjang teks antara 150-250 kata. Abstrak versi Bahasa Indonesia ditulis menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan ejaan yang disempurnakan. Abstrak memaparkan secara ringkas tentang latar belakang, tujuan, metode pelaksanaan, hasil dan kesimpulan.

Kata kunci: berurutan sesuai abjad, terdiri dari 3-5 kata


TITLE [English, Times New Roman 12pt, Bold, Italic]

Abstract
Abstrak versi Bahasa Inggris ditulis menggunakan Bahasa Inggris dalam bentuk past tense. Abstrak ditulis menggunakan huruf Times New Roman 11pt, spasi 1, Italic, dengan panjang teks antara 150-250 kata. Abstrak memaparkan secara ringkas tentang latar belakang, tujuan, metode pelaksanaan, hasil dan kesimpulan.

Keywords: berurutan sesuai abjad, Italic, terdiri dari 3-5 kata

 

PENDAHULUAN

Pendahuluan ditulis dengan huruf Times New Roman 11pt, Spasi 1,5. Pendahuluan memuat tentang latar belakang, masalah, rencana pemecahan masalah dan tujuan kegiatan yang dilaksanakan. Pendahuluan harus menyampaikan bahwa isi naskah dalam rangka mendukung penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada para pemangku kepentingan (stakeholder) di salah satu atau beberapa bidang pertanian ramah lingkungan, pangan, gizi dan kesehatan masyarakat. Tujuan kegiatan mengandung indikator-indikator keberhasilan kegiatan yang dapat diukur. Naskah dipaparkan secara naratif (tanpa penomoran di depan sub judul) dan pemaparan dalam bentuk sub judul dihindari. Jumlah kata pendahuluan tidak lebih dari 1.000 kata.

 

BAHAN DAN METODE

Bahan dan Metode ditulis dengan huruf Times New Roman 11pt, Spasi 1,5. Metode memaparkan secara rinci tentang jenis/rancangan kegiatan yang dilaksanakan, tempat dan waktu pelaksanaan, metode serta langkah–langkah pelaksanaan, pengukuran indikator keberhasilan sampai dengan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Jumlah kata bahan dan metode tidak lebih dari 500 kata.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil dan Pembahasan ditulis dengan huruf Times New Roman 11pt, Spasi 1,5. Menjelaskan dan menguraikan tentang:

  1. Realisasi pelaksanaan sesuai metode kegiatan (kaji terap, sosialisasi, pelatihan, mediasi dan konsultasi, pendidikan, advokasi dan lainnya)
  2. Dokumentasi yang relevan dengan fokus utama kegiatan antara lain foto, tabel, grafik, bagan, gambar dan sebagainya. Setiap dokumentasi harus “dipanggil” dalam teks dan diberi pembahasan yang menjelaskan tentang produk atau kegiatan yang dilakukan
  3. Analisis pencapaian indikator keberhasilan sesuai dengan tujuan kegiatan
  4. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan, dapat berupa narasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.

Dokumentasi harus dijamin dapat dicetak dengan jelas, resolusi dan ukuran garis (grafik) harus yakin tercetak jelas.

Tabel dibuat dengan lebar garis 1 pt dan tables caption (keterangan tabel) diletakkan di atas tabel. Keterangan tabel yang terdiri lebih dari 2 baris ditulis menggunakan spasi 1. Garis-garis tabel diutamakan garis horizontal saja sedangkan garis vertikal dihilangkan. Setiap tabel harus “dipanggil” dalam teks dan diberi pembahasan yang menjelaskan tentang isi tabel.
 
Jumlah kata hasil dan pembahasan tidak lebih dari 2.000 kata.

 

KESIMPULAN

Kesimpulan ditulis dengan huruf Times New Roman 11pt, Spasi 1,5. Berisi simpulan pelaksanaan kegiatan dan pencapaian indikator keberhasilan sesuai tujuan kegiatan. Saran (jika ada) dibuat berdasarkan implikasi dari simpulan. Jumlah kata kesimpulan tidak lebih dari 100 kata.

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan Terima Kasih ditulis dengan huruf Times New Roman 11pt, Spasi 1,5. Penulis menyampaikan terima kasih kepada pemberi dana kegiatan (jika terdapat nomor kontrak dapat dicantumkan dan tahun perolehan). Ucapan terima kasih juga dapat ditujukan kepada pihak-pihak yang berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan dan pembuatan artikel.

 

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka ditulis dengan huruf Times New Roman 11pt, Spasi 1. Penulisan daftar pustaka menggunakan aplikasi manajemen referensi (seperti Mendeley, Endnote, Zotero, dll) dengan sistem American Psychological Association (APA). Hanya pustaka yang dirujuk dalam teks yang dituliskan dalam daftar pustaka. Minimal daftar pustaka 10 dengan ketentuan 80% berasal dari sumber primer. Semua referensi yang disebutkan harus ditulis berdasarkan referensi yang disusun dari A hingga Z.

Dalam teks

Kakao sebagai salah satu pangan fungsional di Madiun (Ariyantoro et al., 2019). Hasil penelitian Widodo et al. (2019) perlu pendekatan ramah lingkungan untuk mencegah polusi yang buruk, yang dilakukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dan pelaku bisnis dalam mengelola limbah cair dengan membuat sistem pengolahan air limbah terintegrasi.

Dalam Daftar Pustaka

Ariyantoro, A. R., Anam, C., Kawiji, K., Minardi, S., Zulfa, F., Purnomo, D., … Widiatmoko, C. (2019). Pengembangan Produk Cokelat Couverture dengan Penambahan Pangan Fungsional di Desa Randualas Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services3(2), 50. https://doi.org/10.20961/prima.v3i2.37835

Widodo, T., Budiastuti, M. T. S., & Komariah, K. (2019). Water Quality and Pollution Index in Grenjeng River, Boyolali Regency, Indonesia. Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture34(2), 150. https://doi.org/10.20961/carakatani.v34i2.29186

 

File template dapat diunduh di situs web: 

URL: http://bit.ly/templateagrihealth

 

Deklarasi dan Verifikasi Pengajuan

Pengajuan sebuah artikel menyiratkan bahwa karya yang diuraikan belum dipublikasikan sebelumnya (kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah yang diterbitkan atau tesis akademis atau sebagai pracetak elektronik), bahwa itu tidak dalam pertimbangan untuk publikasi di tempat lain. Penulis menyetujui bahwa naskah tidak akan diterbitkan di tempat lain dalam bentuk yang sama, dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa lain, termasuk secara elektronik tanpa persetujuan tertulis dari pemegang hak cipta.

Penulis diminta untuk menyerahkan "Deklarasi Penulis" sebagai bahan pelengkap pada saat penyerahan naskah awal. Naskah tidak akan menjalani proses publikasi tanpa perjanjian ini.

 

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright Notice

An author who publishes in the AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health agrees to the following terms:

  • Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
  • Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
  • Author is  permitted and encouraged to post his/her  work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).

Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Biaya Publikasi: 300000,00 (IDR)
Setiap naskah yang diterima untuk diterbitkan di AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health dipungut biaya sebesar 300.000,00 IDR (Tiga Ratus Ribu Rupiah).