Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health merupakan wadah publikasi ilmiah hasil kajian penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada para pemangku kepentingan (stakeholder) di bidang pertanian ramah lingkungan, pangan, gizi dan kesehatan masyarakat yang meliputi:

Checked Budidaya Pertanian
CheckedTeknologi Pangan
CheckedPeternakan 
CheckedPenyuluhan dan Komunikasi Pertanian
CheckedSosial Ekonomi Pertanian
CheckedGizi
CheckedKesehatan Masyarakat
CheckedKebidanan

 

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Editorial

Tidak Dicentang Naskah Terbuka Centang Diindeks Tidak Dicentang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

CheckedDoeble Blind review

Artikel yang dikirim ke AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health akan melewati dua tahap tinjauan, yaitu pra-review dan substansi review. Artikel pre-review dilakukan oleh editor untuk melihat kesesuaian artikel dengan fokus dan ruang lingkup jurnal serta gaya kurungan. Durasi pra-peninjauan adalah antara 1-2 minggu. Setidaknya dua pengulas melakukan peninjauan substansi dalam satu cara. Durasi ulasan adalah antara 4-5 minggu. Jika diinginkan, peninjau dapat meminta ulasan setelah penulis merevisi artikel.

Keputusan untuk publikasi, perbaikan  atau penolakan didasarkan pada laporan atau rekomendasi reviewer. Ada empat jenis keputusan editor berdasarkan rekomendasi reviewer, yaitu:

Artikel  Terima : Kiriman akan diterima tanpa revisi.


Diperlukan Revisi: Pengajuan akan diterima setelah perubahan kecil telah dibuat. Artikel yang dikirim kembali ke penulis untuk revisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Artikel yang direvisi dikembalikan lebih dari 20 hari akan dianggap sebagai pengiriman baru. Artikel yang direvisi dapat dikirim ke editorial melalui akun pada OJS atau email official AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health.


Kirim kembali untuk di review kembali: Pengajuan harus dikerjakan ulang, tetapi dengan perubahan signifikan,setelah itu dilakukan  review  putaran kedua.


Ditolak : Pengajuan tidak akan dipublikasikan dalam jurnal.

Artikel yang diterbitkan dalam AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health ditinjau sebelumnya oleh dua reviewer  sebelum publikasi. Keputusan untuk menerima artikel yang akan diterbitkan dalam wewenang editor in chief berdasarkan rekomendasi dari reviewer. Artikel yang telah dinyatakan diterima dan telah tata letak akan diterbitkan dalam nomor In Progress di nomor berikutnya sebelum nomor reguler diterbitkan sesuai dengan jadwal sehingga dapat diindeks dan segera dicoba.

CheckedSilimarity Check 

Naskah yang dikirim pertama kali ditinjau oleh editor. Ini akan dievaluasi  apakah itu cocok untuk fokus dan ruang lingkup AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health dan skor kesamaan dengan menggunakan Turnitin di bawah 25%.

 

 

Frekuensi Penerbitan

AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health terbit secara online 2 (dua) kali setahun yaitu pada bulan April dan Oktober.

 

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses tebuka untuk siapa saja dapat melihat langsung konten yang tersedia secara langsung ke kontennya,dengan prinsip bahwa peneliti/penulis bersedia dan untuk dapat diakses oleh  publik sebagai upaya mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

 

Pengarsipan

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

 

Publication Ethics

AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh  Pusat Penelitian dan Pengembangan Pangan, Gizi dan Kesehatan Masyarakat (P4GKM) LPPM UNS yang terbit pertama kali pada April 2020.  

Pernyataan etika publikasi ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author). Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan pengarang/penulis,
  2. Mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan,
  3. Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan,
  4. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,
  5. Memelihara integritas rekam jejak akademik pengarang,
  6. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan,
  7. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab pengarang/penulis,
  8. Secara aktif meminta pendapat pengarang, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,
  9. Mendorong dilakukannya penilaian terhadap jurnal apabila ada temuan,
  10. Mendukung inisiatif untuk mengurangi kesalahan penelitian dan publikasi dengan meminta pengarang melampirkan formulir Klirens Etik yang sudah disetujui oleh Komisi Klirens Etik,
  11. Mendukung inisiatif untuk mendidik peneliti tentang etika publikasi,
  12. Mengkaji efek kebijakan terbitan terhadap sikap pengarang/penulis dan mitra bestari serta memperbaikinya untuk meningkatkan tanggung jawab dan memperkecil kesalahan,
  13. Memiliki pikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi,
  14. Tidak mempertahankan pendapat sendiri, pengarang atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif,
  15. Mendorong pengarang/penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bestari

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Penelaah tidak boleh melakukan telaah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak 
  3. Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi
  4. Mendorong pengarang/penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis
  5. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  6. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.).

Tugas dan Tanggung Jawab Pengarang/Penulis

  1. Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar pengarang/penulis memenuhi kriteria sebagai pengarang/penulis.
  2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.
  3. Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Menjelaskan keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian
  5. Menanggapi komentar yang dibuat oleh para mitra bestari secara profesional dan tepat waktu.
  6. Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.
  7. Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.