Analisis Konten High Order Thinking Skill pada Soal PAS dan PAT Kimia Kelas XI Tahun Pelajaran 2019/2020 di Kota Surakarta

Vinsensius Maunia Singgih Husada, Sri Yamtinah, Nurma Yunita Indriyanti

Abstract

Analisis konten HOTS menggunakan semua indikator HOTS yang disertai analisis dari segi konstruksi dan bahasa pada soal dapat diperoleh gambaran kevalidan soal secara kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keterpenuhan indikator HOTS, konstruksi dan bahasa pada soal PAS dan PAT Kimia Kelas XI Tahun Pelajaran 2019/2020 di Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis analisis isi/konten. Pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian soal HOTS. Validitas data menggunakan Triangulasi Antar Peneliti yaitu terdapat 2 rater yang melakukan analisis dan 1 expert judgement sebagai penentu keputusan akhir. Reliabilitas data dilakukan dengan mencari nilai Koefisien Kesepakatan (KK) dari hasil analisa rater 1 dan 2. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dari 6 paket soal yang dianalisis, hanya terdapat 1 paket soal yang memiliki item soal berkategorikan HOTS yaitu paket soal PAS Kimia Kelas XI SMA A. Paket soal tersebut memiliki 12% item soal yang memenuhi indikator HOTS. Item-item soal tersebut juga memenuhi sebagian besar indikator segi konstruksi dan bahasa.

Keywords

analisis konten; High Order Thinking Skill; konstruksi; bahasa

Full Text:

PDF

References

[1] D. Desilva, I. Sakti, and R. Medriati, 2000, J. Kumparan Fis., vol. 3, no. 1, pp. 41–50

[2] Gumilasari, A. . Fatah, and M. Anggraeni, 2020, Copyright Ⓒ FKIP Universitas Palangka Raya All Rights Reserved.,” vol. 11, no. 1, pp. 209–215

[3] S. Ramadhan, D. Mardapi, Z. K. Prasetyo, and H. B. Utomo, 2019, Eur. J. Educ. Res., vol. 8, no. 3, pp. 743–751

[4] D. Peterson,1993, vol. 32, no. 3, pp. 130–130

[5] M. Barak and Y. J. Dori, 2009 , J. Sci. Teacher Educ., vol. 20, no. 5, pp. 459–474

[6] B. Utami, S. Saputro, A. Ashadi, M. Masykuri, and S. Widoretno, 2017, Int. J. Sci. Appl. Sci. Conf. Ser., vol. 1, no. 2, p. 124

[7] L. S. Kogut, 1996, Journal of Chemical Education, vol. 73, no. 3. pp. 218–221

[8] P. Medina, 2017, J. Residu, vol. 1, no. 1, pp. 73–84

[9] A. Yuniar, Maharani, Rakhmat, Cece, Saepulrohman, 2017,J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 187–195

[10] I. P. Utami and A. Aryeni, 2018, J. Pelita Pendidik., vol. 6, no. 3, pp. 185–192

[11] I. W. Widana, 2020, “Modul Penyusunan Soal HOTS.”, 12

[12] N. P. S. Winata, I. B. Putrayasa, and I. N. S. Sudiara, 2014, J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Undiksha, vol. 2, no. 1, pp. 1–12

[13] M. Banerjee, M. Capozzoli, L. McSweeney, and D. Sinha,1999, J. Stat., vol. 27, no. 1, pp. 3–23

[14] N. R. Lailly and A. W. Wisudawati, 2015, Kaunia, vol. XI, no. 1, pp. 27–39

[15] R. E. Iswahyuni, 2019, J. Ilm. Edukasi Sos., vol. 9, no. 2, pp. 162–167

[16] R. V. Fitriyani, S. Supeno, and M. Maryani, 2019, Berk. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, p. 71

[17] R. B. Rudibyani, 2019, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1155, no. 1

[18] W. Setiawati, O. Asmira, Y. Ariyan, R. Bestary, and A. Pudjiastuti, 2019, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699

[19] N. Nurhayati and L. Angraeni, 2017, J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 2, pp. 119–126

[20] W. Huitt, 2011, Educ. Psychol. Interact

[21] Y. N. Nafiah and W. Suyanto, 2014, J. Pendidik. Vokasi, vol. 4, no. 1, pp. 125–143

[22] E. Muslimah and S. H. Nurdiniah, 2017,J. Chem. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 46–51

[23] A. Syahida and D. Irwandi, 2015, Edusains, vol. 7, no. 1, pp. 77–87

[24] I. Kaniawati and A. Suhandi, 2014, J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 10, no. 2, pp. 104–116

[25] B. Tarman and B. Kuran, 2015, Kuram ve Uygulamada Egit. Bilim., vol. 15, no. 1, pp. 213–222

[26] I. Goksu, 2016, Turkish Online J. Educ. Technol., vol. 4, no. 15, p. 136

[27] A. Sukmawati, H. Haris, and M. Mustari, 2020, J. Pemikiran, Penelit. Ilmu-ilmu Sos. Huk. dan Pengajarannya

[28] D. R. Y. Zebua and Harmalis, 2019, J. Educ., vol. 01, no. 04, pp. 774–782

[29] R. F. Amalia and S. Wahyuni, 2020, UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 9, no. 1, pp. 89–95

[30] M. Haryati, 2020, J. Educ. Dev., vol. 8, no. 2, pp. 91–94

[31] Z. Arifin and H. Retnawati, 2015, Semin. Nas. Mat. Dan Pendidik. Mat. Uny, no. 20, pp. 783–790

[32] F. B. Sole and D. M. Anggraeni, 2020, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1440, no. 1, pp. 0–7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.