Analisis Kesesuaian Buku Teks Kimia Kelas X pada Materi Ikatan Kimia Ditinjau dari Kompetensi Dasar, Kedalaman Materi dan Penerapan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013
Abstract
Buku teks pelajaran merupakan sumber bahan ajar utama dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dinyatakan layak digunakan pada satuan pendidikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian buku teks kimia kelas X pada materi Ikatan Kimia ditinjau dari kompetensi dasar, kedalaman materi dan penerapan pendekatan saintifik berdasarkan rumusan Kurikulum 2013.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 3 buku teks kimia kelas X kurikulum 2013 yang paling banyak digunakan di SMA Negeri Se-Surakarta. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan observasi buku teks. Instrumen analisis buku menggunakan lembar analisis buku siswa berdasarkan Pedoman Kegiatan Pendampingan Implemetasi Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa presentase terbesar kesesuaian buku teks kimia kelas X berdasarkan rumusan Kurikulum 2013 ditinjau dari 3 aspek yang dianalisis diperoleh buku A sebesar 85%, diikuti oleh buku C sebesar 82%, dan persentase terendah diperoleh bukuĀ B sebesar 67%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Devetak, I. & Vogrinc, J. (2013). The Criteria for Evaluating the Quality of the Science Textbooks. Critical Analysis of Science Textbooks: Evaluating instructional effectiveness, DOI: 10.1007/978-94-007-4168-3_1, 3-13.
[2] Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Puskurbuk.
[3] Kurniasih, I & Sani, B. (2014). Buku Teks Pelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata pena.
[4] Mulyasa.E. (2015). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[5] Muslich, M. (2016). Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
[6] Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. . Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
[7] Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
[8] Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
[9] Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
[10] Sitepu, B.P. (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[11] Tatang S. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Refbacks
- There are currently no refbacks.