Penerapan Model Discovery Learning dengan Tugas Mandiri Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Materi Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIPA 3 SMA N 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2017/2018

Dhylan Widya Cahya Dewa, Elfi Susanti VH, Sri Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning (DL) dengan tugas mandiri mind mapping pada materi hukum dasar bagi siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 Mojolaban. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang yang dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus mempunyai 4 tahapan tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presentase ketercapaian kemampuan aktivitas siswa dengan kategori tinggi meningkat sebesar 20% dari 48,57% pada siklus I menjadi 68,57% pada siklus II. Aspek kognitif siswa meningkat dari 49% pada siklus I menjadi 71% pada siklus II. Ketercapaian aspek afektif pada siklus I sebesar 68,57% meningkat menjadi 82,86% pada siklus II.

Keywords

Discovery Learning (DL); Mind Mapping; hukum dasar; aktivitas belajar; penelitian tindakan kelas; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

[1] Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

[2] Daryanto, dan Rahardjo, Mulyo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

[3] Istiana, Nugroho, dan Sukardjo. 2015. "Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014". Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4 (2)

[4] Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

[5] Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

[6] Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

[7] Zaini, Munthe, dan Aryani. 2008. Strategi Pembeajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.