Pengaruh Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) dilengkapi Handout Kombinasi Augmented Reality (Handout-AR) dan Microsoft Powerpoint terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga

Marwan Marwan, Mohammad Masykuri, Endang Susilowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh antara penerapan model NHT dilengkapi Handout-AR dan penerapan model NHT dilengkapi Microsoft Powerpoint terhadap aktivitas belajar siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas XI MIPA 4 ditentukan sebagai kelas eksperimen I dan mendapat perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model NHT dilengkapi Handout-AR. Kelas XI MIPA 1 ditentukan sebagai kelas eksperimen II dan mendapat perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model NHT dilengkapi Microsoft Powerpoint. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) siswa. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data nilai aktivitas belajar siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT dilengkapi Handout-AR dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap aktivitas belajar siswa pada materi larutan penyangga dibandingkan penerapan model NHT dilengkapi Microsoft Powerpoint. Hasil tersebut didukung oleh hasil uji Mann Whitney dan rata-rata nilai aktivitas belajar siswa dari kedua kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney menghasilkan nilai asym. Sig. 2-tailed (0,000) lebih besar dari taraf signifikansi/α (0,050). Kelas eksperimen I memiliki rata-rata nilai aktivitas belajar (87,6) yang lebih besar dari kelas eksperimen II (68,4)

Keywords

NHT; aktivitas belajar; handout-AR; Microsoft Powerpoint

Full Text:

PDF

References

[1] Winarni, S., 2014, Jurnal Biologi Edukasi, 2 (1), 42-47.

[2] Marsita, R.A., Priatmoko, S., & Kusuma, E., 2015, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4 (1), 512-520.

[3] Sanjiwani, N.L.I., Muderawan, I.W., & Sudiana, I.K., 2018, Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2 (2),75-84.

[4] Widyaningsih, S.Y., Haryono, & Saputro, S., 2012, Jurnal Inkuiri, 1 (3), 266-275.

[5] Sari, R.P., & Setiawaty, S., 2018, Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1 (2), 10–20.

[6] Nuraini., Fitriani., & Fadhilah, R, 2018, Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6 (1), 30-39.

[7] Majid, A., & Rochman, C., 2014, Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung, Remaja Rosdakarya.

[8] Yunarti, N. & Susatyo, E.B., 2015, Chemistry in Education, 4 (1), 8-15.

[9] Hidayanurhayati., Sihaloho, M. & La Kilo, A., 2018), Jurnal Entropi, 13 (2), 233-240.

[10] Kusumawardani, A., Utami, B., & Sukardjo, J.S., 2015, Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (4), 207-216.

[11] Murti, M.M.S., Redjeki, T., & Utomo, S.B., 2014, Jurnal Pendidikan Kimia, 3 (4), 75-82.

[12] Humaira., Saputro, S., & Setyowati, W.A.E., 2019, Jurnal Pendidikan Kimia, 8 (2), 299-305.

[13] Retnani, F.Y., Sukardjo, J.S., & Utomo, S.B., 2014, Jurnal Pendidikan Kimia, 3 (3), 57-65.

[14] Ambarwati, T., Haryono, & Sukardjo, J.S., 2014, Jurnal Pendidikan Kimia, 3 (1), 58-64.

[15] Qurniawati, A., Sugiharto., & Saputro, A.N.C., 2013, Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (3), 166-174.

[16] Arends, R.I, 2001, Learning to Teach Fifth Edition, McGraw-Hill, Newyork.

[17] Daryanto, 2013, Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta, Penerbit Gava Media.

[18] Suryani, N., Setiawan, A., & Puria, A, 2018, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

[19] Mustaqim, I., 2016, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13 (2), 174-183.

[20] Wahyudi, A.K., Ferdiana, R., & Hartanto, R, 2014, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, hlm 2.07-53 – 2.07-58, Yogyakarta, STMIK AMIKOV.

[21] Riduwan, 2013, Dasar-Dasar Statistika, Bandung, Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.