Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Surakarta

Ahmad Syarif Rifai, Suryadi Budi Utomo, Nurma Yunita Indriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 5 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada materi pokok termokimia. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, obervasi, dan evaluasi serta refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 5 Surakarta. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa. data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, kajian dokumen, non-tes berupa angket, dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan (1) kreativitas siswa pada materi termokimia dengan persentase jumlah siswa pada kategori kreatif sebesar 83% pada siklus 1 dan (2) prestasi belajar siswa pada materi termokimia, peningkatan aspek pengetahuan meningkat dari 10% pada siklus pertama menjadi 83% pada siklus kedua. Persentase aspek sikap pada siklus pertama adalah 100% dan persentase aspek keterampilan pada siklus pertama adalah 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok termokimia kelas XI IIS SMA Negeri 5 Surakarta.

Keywords

Project Based Learning; kreativitas; lintas minat; prestasi belajar; termokimia

Full Text:

PDF

References

[1] Permendikbud. 2013. Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

[2] Chang, R. 2005. Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti. Terj. Muh. Abdul Kadir. Jakarta: Erlangga

[3] Wenzel, Thomas J. 2007. Collaborative and Project Based Learning in Analytical Chemistry. American Chemical Society, 54-68

[4] Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran IPA SMP/MTS. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

[5] Desnylasari, Enggar., Mulyani, Sri., Mulyani., & Bakti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia: UNS.

[6] Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

[7] Miles, M.B., & Huberman, A.M. 2007. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

[8] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

[9] Setyadin, A.H., Siahaan, Pasoran., & Samsudin, Achmad. 2017. Desain Instrumen Tes Kreativitas Ilmiah Berbasis Hu dan Adey dalam Materi Kebumian. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika vol.2 No. 1 56-62: UPI Bandung.

[10] Hu, W., Shi, Q. Z., Han, Q., Wang, X., & Adey, P. 2010. Creative Scientific Problem Finding and Its Developmental Trend. Creativity Research Journal, 22(1), 46-52.

[11] Permendikbud. 2014. Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta; Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

[12] Wijayanto, Herry., Utomo, Suryadi Budi., & Haryono. 2017. Upaya Peningkatan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Project Based Learning (PjBL) Dilengkapi Media Webquest pada Pembelajaran Kimia Materi Sistem Koloid Kelas XI IPA 2 SMAN Gondangrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 6 (1), 39-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.