Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Kimia Reaksi Redoks Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning terhadap penguasaan konsep dan sikap ilmiah siswa pada materi redoks kelas X MIPA 3 dan X MIPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan dengan memerikan pembelajaran dengan model PBL pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Subjek penelitian yaitu 64 peserta didik dari X MIPA 3 dan X MIPA 5. Data penelitian diperoleh melalui tes two-tier untuk mengetahui penguasaan konsep siswa, dan angket untuk sikap ilmiah yang dianalisis secara deksriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL pada materi redoks dapat memberikan pengaruh positif pada penguasaan konsep dan sikap ilmiah siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t pihak kanan dihasilkan t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,406 untuk penguasaan konsep siswa. Uji t pihak kanan pada analisis sikap ilmiah siswa diperoleh nilai t hitung > t tabel dengan thitung sebesar 2,638.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Aidoo, B., S.K. Boateng & I. Ofori., 2016, Journal of Education and Practice, 7, 33.
[2] Bakar, E., Bal, S., Akcay, H., 2006, Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2,3.
[3] Aikenhead, Glen S, 2005, Education Quimica, 16, 3.
[4] Kruse, Jerrid dan Michael P. Clough., 2010, International Science and Technology Journal, 37,3.
[5] Rannikmae, M., Teppo,M., Holrook,J., 2010, Science Education International, 21, 2.
[6] Sutopo& Waldrip, 2014, International Journal of Science and Mathematics Education, 12, 1.
[7] Slameto, 2010, Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
[8] Sanjaya, W.. 2008, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.
[9] Ferreira, M.M& Anthony R. Trudel., 2012, The Journal of Classroom Interaction, 47, 1.
[10] Handelsman, J., Houser, B.,& Kriegel, H., 2002, Biology Brought to Life: A Guide to Teaching Students to Think Like Scientists. Mc Graw-Hill, New York.
Refbacks
- There are currently no refbacks.