Penerapan Model Pembelajaran Learning Together Dilengkapi Drill and Practice untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kemampuan Generik Sains pada Materi Stoikiometri Kelas X MIA 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan generik sains dan prestasi belajar peserta didik dengan mengaplikasikan model Learning Together (LT) dilengkapi Drill and Practice (DAP) di kelas X MIA 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta pada materi stoikiometri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan dua siklus pembelajaran dimana siklus II fokus pada proses perbaikan . Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, hasil pengamatan, dan refleksi tindakan. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber data didapat melalui tes secara pilihan ganda, wawancara, observasi, dan angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan terjadi kenaikan pada aspek kognitif di siklus II (dari 44,45% di siklus I menjadi 75,75% di siklus II). Keterampilan generik sains mencapai 75,75%, aspek afektif mencapai 100% dan aspek psikomotor sebanyak 100% di siklus I. Didasarkan pada data penelitian memperlihatkan bahwa penerapan model learning together dilengkapi drill and practice telah berhasil diterapkan dengan diperlihatkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik menjadi lebih antusias serta aktif selama pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Widyastono, H. 2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
[2] Tawil, Muh dan Lilisari. 2014. Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM
[3] Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[4] Purindary, D. (2014) Jurnal Pendidikan Kimia. 3(1). 24-30.
[5] Destya A., Haryono & Saputro, S. (2012). Jurnal Inkuiri, 1 (3), 177-182.
[6] Nugroho, S. A. (2014).. Jurnal Pendidikan Kimia 3 (4), 192-198
Refbacks
- There are currently no refbacks.