Kontribusi Kemampuan Memori dan Kemampuan Berfikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Koloid Siswa Kelas IX IPA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2018/2019

Hijroh Khavidhoh Jannatun Na'im, Ashadi Ashadi, Sulistyo Saputro

Abstract

Pada penelitian ini terdapat tujuan yaitu mengetahui : (1) Adanya korelasi antara kemampuan memori dengan prestasi belajar siswa aspek pengetahuan. (2) Adanya korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa aspek pengetahuan. (3) Adanya korelasi antara kemampuan memori dan kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa aspek pengetahuan. (4) Adanya korelasi antara kemampuan memori dengan prestasi belajar siswa aspek sikap. (5) Adanya korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa aspek sikap. (6) Adanya korelasi antara kemampuan memori dan kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa aspek sikap. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dalam mengukur kemampuan memori, berfikir ktitis dan prestasi belajar. Uji hipotesis digunakan ANAVA dua jalan dengan SPSS 18 sebagai aplikasinya. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Tidak ada korelasi antara kemampuan memori dengan prestasi belajar siswa aspek pengetahuan dengan signifikansi uji korelasi 0,683 dan indeks korelasi –0,034. (2) Tidak ada korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa aspek pengetahuan dengan signifikansi uji korelasi 0,415 dan indeks korelasi 0,070. (3) Tidak ada korelasi antara kemampuan memori dan kemampuan berpikir kritis bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan dengan signifikansi uji korelasi 0,547 dan F hitung (0,608) < F tabel (3,14). (4) Tidak ada korelasi antara kemampuan memori dengan prestasi belajar siswa aspek sikap dengan signifikansi uji korelasi 0,635 dan indeks korelasi –0,040. (5) Tidak ada korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa aspek sikap dengan signifikansi uji korelasi 0,708 dan indeks korelasi 0,032. (6) Tidak ada korelasi antara kemampuan memori dan kemampuan berpikir kritis bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa aspek sikap dengan signifikansi uji korelasi 0,577 dan F hitung (0,555) < F tabel (3,14).

Keywords

memori; berpikir kritis,; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

[1] Sunyono, 2009, Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2).

[2] Chandrasegaran, A.L., Treagust, D.F., and Mocerino, M., 2008, Res. Sci. Educ., 38 (2), 237-248.

[3] Ahmadi, A. dan Supriyono, W., 2008, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

[4] Kelly, S.E., 2001, Thinking Well: An Introduction to Critical Thinking. Texas : Mayfield Publishing Company.

[5] Daro’aeni, F., Yamtinah, S., dan Nurhayati, N D., 2013, Pengaruh Kemampuan Memahami Bacaan, Kemampuan Memori, dan Kemampuan Analisis terhadap Belajar Siswa Pada Materi Pokok koloid Kelas Xi Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013, 2(3), 139-145.

[6] Sujana, 2017, Teknik Analisis Regresi dan Korelasi, Bandung: Tarsito.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.