Implementasi Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Dengan Modul Dilengkapi Kompendium Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia dan Prestasi Belajar pada Materi Redoks Kelas X MIPA SMA Al-Islam 1 Surakarta Ajaran 2018/2019
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Pemerintah Republk Indonesia, 2003, Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasonal, Jakarta.
[2] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016a, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan, Jakarta, Kemendikbud.
[3] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016b, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jakarta, Kemendikbud.
[4] Effendy, 2013, Aplikasi Pembelajaran Kimia dalam Pengembangan Karakter, Artikel dalam Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia V (SN-KPK V), Surakarta, Pendidikan Kimia FKIP UNS.
[5] World Economic Forum, 2015, New Vision for Education Unlocking the Potential of Technology, http://www.weforum.org/docs/WEFUSANewVisionforEducationReport2015.pdf.
[6] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan, Jakarta, Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud.
[7] Organization for Economic Co-operaton abd Development (OECD-PISA), 2016, Assesment f Scientific Literacy in the OECD/ PISA project, http://www.pisa.oecd.org/
[8] Rahayu, Sri, 2017, Mengoptimalkan Aspek Literasi dalam Pembelajaran Kimia Abad 21, Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, Yogyakarta.
[9] Astuti, Y.K, 2016, Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA, Jurnal Unwir Gema Wilalodra, 7(3B), 67-72.
[10] Asyhari, A. dan Hartati, R, 2016, Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 179-190.
[11] Pizzini, E. L, 1996, Implementasi Handbook for The SSCS Problem Solving Instructonal Model, Lowa, The University of Lowa.
[12] Maulana, A, 2014, Penerapan Model Pembelajaran SSCS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di kelas XI IPA SMA, J.Pen.Pend.Kim, 1(1), 9-17.
[13] Departemen Pendidikan Nasional, 2002, Teknik Belajar dengan Modul, Jakarta, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
[14] Naim, M, 2001, Kompendium Himpunan Ayat-ayat Al-Qur’am yang Berkaitan dengan Fisika dan Geografi, Jakarta, Hasanah.
[15] Sugiyono, 2010, Metode Peneltian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung, Alfabeta.
[16] Sari, K.W, 2016, Modul Kimia Reaksi Redoks Berbasis Inquiry Terbimbing, Surakarta, UNS.
Refbacks
- There are currently no refbacks.