Pengembangan Media Mobile Pocket Book Berbasis Android untuk Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Di SMA Negeri 5 Surakarta dan SMA Batik 2 Surakarta

Iklima Maharani, Sulistyo Saputro, Lina Mahardiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui efektifitas mobile pocket book berbasis android pada materi hukum-hukum dasar kimia untuk SMA kelas X. Metode yang digunakan yaitu Research and Development dengan teknik purposive sampling. Jenis data berupa data kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, uji N-gain score dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan mobile pocket book berbasis android dapat dikembangkan. Hasil uji lapangan awal, uji lapangan utama, dan uji kelayakan berturut-turut menunjukkan skor 125,9; 122,2; 126,35; yang berarti bahwa media mobile pocket book pada uji lapangan awal dan uji lapangan utama berada dalam rentang  <   126 termasuk kategori kualitas baik, sedangkan pada uji kelayakan termasuk kategori kualitas sangat baik karena skor > 126. Hasil skor desain akhir media menunjukkan bahwa aspek kelayakan isi materi, kemudahan pemahaman, sistematika penyajian, kelengkapan penyajian, ketetapan dalam penggunaan bahasa, ketetapan dalam penulisan, desain media, dan desain tampilan termasuk dalam kategori kualitas sangat  baik. Selisih rata-rata nilai pretest dan posttest  SMAN 5 Surakarta dan SMA Batik 2 Surakarta berturut-turut adalah 39 dan 50,8. Nilai N-gain score yang diperoleh berturut-turut sebesar 74,4% dan 68,2% untuk SMAN 5 Surakarta dan SMA Batik 2 Surakarta. Hal ini membuktikan bahwa mobile pocket book memiliki efektifitas dalam kategori cukup efektif. Uji Wilcoxon menghasilkan asymp. sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest.

Keywords

media pembelajaran; mobile pocket book; hukum-hukum dasar kimia; metode Borg and Gall

Full Text:

PDF

References

[1] Kompas. (2018, 11 Maret). Mem-bandingkan Kesetiaan Pengguna Android dan IOS. Diperoleh pada 25 November 2018, dari https://tekno.kompas.com.

[2] Kominfo. (2017). Survey Peng-gunaan Teknik Informasi dan Komunikasi serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat. Jakarta: Pusat Peneliaan dan Pengembangan Aplikasi Informasi dan Komunikasi Publik.

[3] Nurajijah, L. (2014). Pengem-bangan Mobile Pocket Book sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Professional Cs 5.5 pada Materi Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi SMA Kelas XI. Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

[4] Umam, A. (2015). Pengembangan Mobile Pocket Book sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Professional Cs 5.5 pada Materi Fluida Statistik SMA Kelas X. Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

[5] Sanaky, Hujair AH. (2011). Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba.

[6] Mustiqon, HM. (2012). Pengem-bangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

[7] Sutopo, A.H. (2011). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu.

[8] Farabi, I. (2012, 28 Desember). Pew: Jumlah Pembaca E-book Meningkat, Pembaca Buku Cetak Menurun. Daily Socialid.

[9] Majid, A. (2012). Mobile Learning. Diperoleh pada 6 Desember 2018, dari http://jurnal.upi.edu/file/Mobile_Learning_ok.pdf.

[10] Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto E. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10 (1), 1-10.

[11] El-Hussein, M. O. M., & Cronje, J. C. (2010). Defining Mobile Learning in the Higher Education Landscape. Educational Tech-nology and Society, 13 (3), 12-21.

[12] Chang, R. (2010). Chemistry 10th Edition. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc.

[13] Effendy. (2002). Upaya untuk Mengatasi Kesalahan Konsep Dalam Pengajaran Kimia dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. Media Komunikasi Kimia Jurnal Ilmu Kimia dan Pembelajarannya, 4 (2), 1-22.

[14] Susanto, Susilowati, E. & Haryono. (2012). Studi Komparasi Peng-gunaan Metode Pembelajaran TGT dan STAD terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 1 (1), 67-73.

[15] Widoyoko, E. P. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.