Penerapan Model Teams Games Tournaments dengan boardgame Chemine untuk Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIPA Semester Genap di SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2017/2018

Rofiq Kurniawan, Suryadi Budi Utomo, Sri Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model belajar Teams Games Tournaments dengan media pembelajaran boardgame Chemine pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Mojolaban tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments menggunakan media pembelajaran boardgame Chemine dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2017/2018. Pada siklus I persentase ketercapaian kerjasama, prestasi belajar aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan masing-masing adalah 75%; 50%; 100%; dan 100%. Pada siklus II, masing-masing persentase ketercapaian kerjasama dan prestasi belajar aspek pengetahuan meningkat menjadi 87,5% dan 100%.

Keywords

Teams Games Tournaments; Boardgame Chemine; kerjasama; prestasi belajar; kelarutan dan hasil kali kelarutan

Full Text:

PDF

References

[1] Kurniasih, I.,& Sani, B. (2014).Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

[2] Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

[3] Sari, D.K., Bakti Mulyani, dan Sri Mulyani. (2014). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Problem Solving (CPS) terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Matematik Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2012/2013 Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3 (1), 51-57.

[4] Slavin, Robert, E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research; and Practice. London: Allymand Bacon.

[5] Sadiman, & Arief S., (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

[6] Taqwima, A. H., Ashadi, Budi Utami. (2014) Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Metode Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Chemopoly Game dan Chem-Cards Game Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (4), 165-173.

[7] Daryanto (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta : Gava Media.

[8] Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R & D. Bandung: Alfabeta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.