Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X MIPA 1 SMAN 1 Teras Boyolali

Rufaida Mufidatul Hasanah, Ashadi Ashadi, Elfi Susanti VH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi Redoks Kelas X MIPA 1 SMAN 1 Teras Boyolali. (2) Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi Redoks Kelas X MIPA 1 SMAN 1 Teras Boyolali. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR, dengan kegiatan pokok berupa perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan tindakan, dan refleksi. Hasil penelitian (1) Tes kemampuan berpikir kritis pada prasiklus terdapat 52,78% siswa tuntas, kemudian pada siklus I telah mengalami peningkatan menjadi 88,89% siswa tuntas. (2) Hasil tes aspek pengetahuan  menunjukkan adanya peningkatan dimana 47,22% siswa tuntas pada siklus I, dan 91,67% siswa tuntas pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran snowball throwing berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi redoks telah berhasil dilaksanakan dan terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta prestasi belajar siswa.

Keywords

berpikir kritis; prestasi belajar; snowball throwing; redoks

Full Text:

PDF

References

Permendikbud RI No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar & Menengah.

Ennis, H.R., 1985, A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills, The Association Curriculum Development.

Brady, J.E., Humiston, 1999, General Chemistry Principle and Structure 4th Edition, New York: John Willey & Sons, Inc.

Badan Standar Nasional Pendidikan., 2010, Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI, Jakarta: BSNP.

Hamalik, O., 2014, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cahyo, A., 2013, Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler, Yogyakarta: DIVA Press.

Hamdani., 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia.

Sanjaya, W., 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prenada Media.

Rasyid, M., Sumiyati., 2011, J Chem, 12 (2), 69-76.

Sialagan, A., Irmayanti., 2011, J Chem, 3(1), 81-90.

Ajunda, W.P., Haryono., Mulyani, S., 2017, JPK, 6 (2), 102-108.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.