Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Snowball Drilling terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA Swasta Di Salah Satu Kabupaten Karanganyar

Rinu Larasati, Endang Susilowati, Nurma Yunita Indriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efektivitas model pembelajaran snowball throwing dan snowball drilling terhadap prestasi belajar pada materi hidrolisis garam; (2) perbedaan prestasi belajar siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi dan rendah pada materi hidrolisis garam; dan (3) interaksi antara model pembelajaran snowball throwing dan snowball drilling dengan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar pada materi hidrolisis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain faktorial 2x2. Sampel terdiri dari dua kelas yang terpilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 3 diterapkan model snowball throwing dan kelas XI MIPA 4 diterapkan model snowball drilling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, obervasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan uji hipotesis ANAVA dua jalan dan uji non parametrik Kruskal Wallis H menggunakan bantuan software IBM SPSS version 23. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran snowball throwing dan snowball drilling terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, tetapi aspek sikap dan keterampilan tidak ada perbedaan efektivitas model pembelajaran; (2) ada perbedaan prestasi belajar siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi dan rendah pada prestasi belajar aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, tetapi tidak ada perbedaan pada aspek sikap; (3) ada interaksi antara model snowball throwing dan snowball drilling dengan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar aspek keterampilan, tetapi tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan keaktifan belajar terhadap aspek pengetahuan dan aspek sikap.

Keywords

snowball throwing; snowball drilling; prestasi belajar; keaktifan belajar; eksperimen desain faktorial 2x2

Full Text:

PDF

References

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Adab 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1(2), 263-273. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.

Maradona. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa Kelas VI B SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 17 Tahun ke-5 2016, 17(5), 619-628.

Sudjana, N. (2005). Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sani, Z. M., Sudarmin, & Nurhayati, S. (2016). Pembelajaran Team Game Tournamnet Berbantu Media Number Card untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Scientia Indonesia, 1(1), 56-65.

Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Supardi, K. I., & Putri, I. R. (2010). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia dari Internet pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa Kimia SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 574-581.

Fauji, A., & Winarti, A. (2015). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada Materi Hidrolisis Garam di Kelas XI IPA 2 PGRI 6 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2),1-10.

Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. (2010). Model - model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Shevin, M. S. (1992). If Cooperative Learning's The Answer, What Are The Questions? Jurnal Of Education, 37(1),11-37.

Hamid, M. S. (2012). Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press.

Marlena, N. (2016). Implementation of Learning Snowball Throwing Method to Improve Student Learning Outcomes of Operation Management Subject. The First Internasional Conference on Economic Education and Entrepreneurship, 1(1), 238-242. Surabaya: Faculty of Economic Education Universitas Negeri Surabaya.

Wirawan, R., Rita, F., & Waris, A. (2013). Increasing Vocabulary Mastery of The Seventh Grade Students Through Snoowball Throwing. E-Jurnal of English Language Teaching Society, 1(2), 1-14.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, A., Harianto, S., Ngunsiati, Lestari, S., & Kemala, R. (2007). Penciptaan lklim Pembelajaran Sejarah yang Menyenangkan melalui Snowball Drilling Method. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 91-99.

Respati, D. A., & Soeprodjo. (2019). Penerapan Metode Think Pair Share dengan Metode Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar. Chemistry in Education, 2(1), 110-120.

Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61-74.

Madyani, I., Haryono, & Utomo, S. B. (2018). Studi Komparasi Menggunakan Model IBL dan POGIL terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 102-109.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hollingsworth, P., & Lewis, G. (2008). Pembelajaran Aktif Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Sudaryat, Y. (2009). Makna dalam Wacana. Bandung: CV Yrama Widya.

Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Biology Education. 14(1), 62-68. Surakarta: UNS.

Robbins, D. S. (2000). Human Resources Management Concept and Practice. Jakarta: PT Preenhalindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.