Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Reaksi Redoks dengan Menggunakan Three-Tier Test Kelas X MIPA di SMAN 2 Karanganyar

Khusni Akhsanu Nadiyya, Elfi Susanti VH, Bakti Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis miskonsepsiĀ  siswa kelas X MIPA SMAN 2 Karanganyar pada materi reaksi redoks (2) mengetahui faktor penyebab miskonsepsi siswa pada materi reaksi redoks kelas X MIPA SMAN 2 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan three-tier test. Data analisis lain menggunakan observasi, wawancara dan angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMAN 2 Karanganyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Miskonsepsi siswa kelas X MIPA SMAN 2 Karanganyar terjadi pada materi reaksi redoks subkonsep pelepasan dan penerimaan elektron, penggabungan dan pelepasan oksigen, pengertian redoks, penentuan bilangan oksidasi, perubahan bilangan oksidasi, oksidator reduktor, dan autoredoks dengan persentase miskonsepsi siswa kelas X MIPA SMAN 2 Karanganyar pada materi reaksi redoks sebesar 34,49%; siswa memahami konsep sebesar 38,38%; siswa tidak memahami konsep sebesar 17,53%; eror sebesar 9,69%. (2) Faktor penyebab miskonsepsi pada siswa menurut hasil angket dan wawancara yaitu internal siswa, kepercayaan pada teman, kurangnya interaksi guru dan siswa, buku ajar kurang lengkap dan metode mengajar monoton.

Keywords

kualitatif; miskonsepsi; redoks; three-tier test

Full Text:

PDF

References

Nurlela. (2017). Kajian Miskonsepsi Siswa Melalui Tes Multiple Choice menggunakan Certaint of Response Index (CRI) pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Kelas X MIPA SMAN 1 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Imiah. 5(2). 225-238.

Dimyati, M. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy. (2002). Upaya untuk Mengatasi Kesalahan Konsep dalam Pengajaran Kimia dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Media Komunikasi Kimia. 2(6). 1-9.

Suparno, Paul. (2007). Miskonsepsi dan konsep dalam pendidikan fisika. Jakarta : PT Gramedia Widyasara Indonesia (Grasindo).

D. Kaltakci, dan N. DidiĀ§. (2007). Identification of Pre-Service Physics Teachers' Misconceptions on Gravity Concept: A Study with a 3-Tier Misconception Test. Sixth International Conference of the Balkan Physical Union: American Institute of Physics.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.