Penerapan Model Pembelajaran Drill and Practice Dikombinasikan dengan Diskusi Kelompok Dilengkapi dengan Media LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 1

Shanty Nurlianti, Sri Yamtinah, Endang Susilowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: prestasi belajardan kemampuan kerjasama siswa kelas XI MIA 1 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Al Islam1 Surakarta dengan menggunakan model pembelajaran Drill and Practice dikombinasikan dengan diskusi kelompok dilengkapi media LKS Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Drill and Practice dikombinasikan dengan diskusi kelompok dilengkapi dengan media LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 1 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I, ketercapaian prestasi belajaraspek pengetahuan sebesar 52,77% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,56%. Ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 80,55% dan meningkat menjadi 88,89% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan mencapai 100% (2) penerapan model pembelajaran Drill and Practice dikombinasikan dengan diskusi kelompok dilengkapi dengan media LKS dapat meningkatkan kemampuan kerjasama belajar siswa kelas XI MIA 1 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I, ketercapaian prestasi belajaraspek pengetahuan sebesar 77,78% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,89%.

Keywords

Drill and Practice; diskusi kelompok; LKS; kerjasama siswa; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Putra,S.R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Purba, Micahel. (2003). Kimia untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Johnstone,A. H. (2006). Chemical education research in Glasgow in perspective. Chemistry Education and Practice, 7 (2): 49-63.

McDonough, Sharon K. (2005). Way Beyond Drill and Practice: Foreign Languange Lab Activities in Support of Constructive Learning. Int’l J of Instructional Media.Vol.28 (1).

N.K. Roestiyah (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum Departemen Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.