Upaya Peningkatan Kemampuan Memori dan Prestasi Belajar Siswa SMA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Dilengkapi Media LKS Berbasis Drill and Practice pada Materi Hidrokarbon

Yuni Hidayani, Endang Susilowati, Nurma Yunita Indriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa kelas X SMA N Kebakkramat pada materi hidrokarbon dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi LKS berbasis drill and practice. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2016/2017. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI dilengkapi dengan LKS berbasis drill and practice dapat meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa kelas X-2 SMA Negeri Kebakkramat pada materi hidrokarbon tahun pelajaran 2016/2017. Peningkatan kemampuan memori siswa pada materi hidrokarbon dapat dilihat dari kenaikan presentase siswa sebesar 38,89% pada siklus I dan meningkat menjadi 63,89% pada siklus II. Prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon dapat dilihat pada aspek kognitif dan afektif. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek kognitif sebesar 44,44% dan meningkat menjadi 75% pada siklus II. Ketercapaian aspek afektif siswa sebesar 72,22% pada siklus I dan meningkat menjadi 89,11% pada siklus II.

Keywords

Penelitian Tindakan Kelas; TAI; LKS drill and practice; kemampuan memori; prestasi belajar; Hidrokarbon

Full Text:

PDF

References

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ahmadi, L.K dan Amri, S. (2011). Paikem Gembrot Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inofatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot). Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Karya.

Daryanto & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Malang: Gaya Media.

Hijriyah, U.N. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar PKn. Journal of Elementary Education, 2 (2).

Widyantini. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta: Depdiknas.

Arends, R.I. (2013). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Noor, Z, Mulyani, S. & Masykuri, M. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi Buku Saku dan Papan Karbon untuk Meningkatkan Kemampuan Memori dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI MIA Semester Gasal SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. JPK, 4 (2).

Toman, U. (2013). Extended Worksheet Developed According to 5E Model Based on Constructivist Learning Approach. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4 (4).

Kusumah & Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Anonim. (Tanpa Tahun). Instrumen Tes Kemampuan Memori. Yogyakarta: Departemen Psikometri Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.