Hubungan Kemampuan Analisis dan Berpikir Logis dengan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Surakarta

Artika Rizqi Nugraheni, Widiastuti Agustina Eko Setyowati, Sri Yamtinah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan posistif dan signifikan antara (1) kemampuan analisis dengan prestasi belajar, (2) kemampuan berpikir logis dengan prestasi belajar, serta (3) ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara kemampuan analisis dan berpikir logis dengan prestasi belajar pada materi hidrolisis pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel random sampling dipilih empat kelas yaitu kelas XI MIPA 3, 4, 5, dan 6 sebagai kelas sampel, dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas uji coba instrumen. Data penelitian diperoleh melalui tes pilihan ganda. Teknis analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan  (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan analisis dengan prestasi belajar yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,260; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan berpikir logis dengan prestasi belajar yang dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,341; dan  (3) ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan analisis dan berpikir logis dengan prestasi belajar yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,411 dengan persamaan regresi Y = 12,998 + 0,229X1 + 0,329X2 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,169 atau 16,9%.

Keywords

kemampuan analisis; kemampuan berpikir logis; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Pellini, A., 2016, Indonesia’s PISA Result Show Need to Use Education Resorces More Efficiently. The Jakarta Post.

Kunandar, 2013, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013). Rajawali Pers, Jakarta.

Slameto, 2013, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta, Jakarta.

Sumarmo, U., Wahyu H., and Rafiq Z., 2012, J. Pengajaran MIPA, 17 (1), 17–33.

In, A., Sitthipon, 2012, Soc. Behav. Sci., 46, 3339–3344.

Siwa, I.B., I.W. Muderawan, and I.N. Tika, 2013, J. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha Progaram Stud. IPA, 3 (3), 1–13.

Walida, L. F. A. R., Rudiana, A., and Tukiran, 2017, J. Sci. Educ. Pract., 1 (1), 59–66.

Astuti, R., Maria, E., and Abdullah, 2016, J. Online Mahasiswa UNRI, 3 (2) 1-8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.