Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Karanganyar

Erfina Maryati Sihombing, Elfi Susanti VH, Ashadi Ashadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar adanya peningkatan yang terjadi dalam prestasi siswa dan kemampuan kerja sama pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit berbantuan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan LKS pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini menghasilkan adanya perbedaan antara prestasi belajar siswa pada siklus I dan II. Persentase prestasi belajar siklus I diperoleh sebesar 56,56% dan mengalami peningkatan menjadi 80,56% pada siklus II. Persentase kemampuan kerja sama siklus I diperoleh sebesar 58,33% dan mengalami peningkatan menjadi 72,22% pada siklus II. Persentase aspek sikap pada siklus I sebesar 72,22% dan meningkat menjadi 86,11% pada siklus II. Persentase aspek keterampilan pada siklus I sebesar 36,11% dan mengalami peningkatan menjadi 77,78% pada siklus II. Peningkatan dari beberapa aspek ini membuat siswa mampu belajar secara aktif sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang efektif di dalam kelas.


Keywords

tindakan kelas; group investigation; kerja sama; sikap; LKS; larutan elektrolit dan non elektrolit

Full Text:

PDF

References

Conpolat, N., 2003, Journal of Chemical Education., 80, 11., 1328-1331.

Delismar., Asyhar, R., & Hariyadi, B., 2013, Jurnal Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Edu-Sains., 1, 2., 29.

Hilyana, F.S., 2017, Pancasakti Science Education Journal., 8, 2, 7.

Trianto., Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)., Bumi Aksara, Jakarta, 2011.

Sugiyono., Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D., Alfabeta, Bandung, 2012.

Baharuddin & Wahyuni, E.N., Teori Belajar dan Pembelajaran, Ar-Ruzz Media Grup, Yogyakarta, 2007.

Aristi, A. F., 2010, Jurnal Pendidikan Fisika UNIMED., 6, 2.

Wahyuningsih, I., 2012, Unnes Physics Education Journal, 1, 1–6.

Jatmiko, E., Lestari, D.A., & Sudarmin, S., 2016, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10, 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.