Penerapan Model Pembelajaran Siklus 4E untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019

Nuzulul Anggi Rizki, Lina Mahardiani, Sulistyo Saputro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa dan prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran  2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran siklus 4E. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dari setiap siklus adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian berasal dari wawancara, observasi, dan tes dengan teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran siklus 4E dapat meningkatkan: (1) keterampilan generik sains pada materi larutan penyangga. Hal tersebut telihat pada kenaikan prasiklus sebesar 32,4% menjadi 64,7% pada siklus I dan 85,3% pada siklus II. (2) prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga (aspek pengetahuan 32,4% pada siklus I meningkat menjadi 82,4% pada siklus II, aspek sikap telah mencapai 100% dimana 24% pada kategori baik dan 76% pada kategori sangat baik, sedangkan pada aspek keterampilan juga mencapai 100%).

Keywords

siklus 4E; keterampilan generik sains; prestasi belajar; larutan penyangga

Full Text:

PDF

References

Iskandar, S.M., 2004, Strategi Pembelajaran Konstruktivistik dalam Kimia. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Rakhmawati, S., Muspiroh, N., & Azmi, N., 2016, Jurnal Pendidikan, 5(2), 156-164.

Risna, Abdul, H., dan Atiek, W., 2017, Journal of Chemistry And Education, 1(1), 131 – 142.

Liliasari, et.al., 2007, Seminar Proceding of The First International Seminar of Science Education, 1(1), 13 - 18.

Warsono dan Hariyanto., 2012, Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pitasari, R., 2016, Jurnal Tadris Kimiya, 1(1), 2.

Yuniarita, F., 2014, Jurnal Pengajaran, 19(1), 111 – 116.

Waseso, H.P., 2018, Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 60 – 71.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Selvianti, Ramdani, &Jusniar., 2013, Jurnal Chemica, 14(1), 55-65.

Retnaningrum, A., Widiastuti, A. E. S., Sulistyo, S., 2017, Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 76-83.

Yuliani, H., 2016, Jurnal EduSains, 4(1), 23.

Tania, B. M., 2017, Jurnal Untirta, 3(1), 68.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.