Analisis Kolb’s Learning Style Inventory dan Kontribusinya terhadap Prestasi Belajar Siswa Non Science pada Materi Kesetimbangan Larutan

Tiara Eka Mawarni, Widiastuti Agustina Eko Setyowati, Bakti Mulyani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menganalisis gaya belajar siswa non science berdasarkan Kolb’s Learning Style Inventory, (2) Mengetahui hubungan antara gaya belajar dan prestasi belajar peserta didik, (3) Mengusulkan metode pembelajaran yang sesuai untuk peserta didik non science pada materi Kesetimbangan Larutan dengan memperhatikan gaya belajar peserta didik. Sampel penelitian ini adalah 120 peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode tes digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar, metode non tes untuk memperoleh data gaya belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)  Peserta didik  kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo memiliki presentase gaya belajar masing-masing yaitu assimilator 48%, divergen 35%, konvergen 12,5%, dan akomodator 12,5%, (2)Gaya belajar dan prestasi belajar peserta didik mempunyai korelasi secara signifikan, dengan ditunjukkan oleh hasil Sig. sebesar 0,046, (3)Usulan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik non science pada materi Kesetimbangan Larutan yaitu diskusi, penugasan dan tanya jawab.

Keywords

Gaya belajar; Kolb’s Learning Style Inventory; prestasi belajar; non science

Full Text:

PDF

References

Dalyono, M., 2012, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Slameto, 2013, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Syah, Muhibbin, 2010, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kolb, D. A., 1984, Experiental Learning: Experience As The Source Of Learning. Case Western Reserve University

Supeno, & Elly, 2007, Teaching English As A Foreign Languange. Jakarta: Indraprasta PGRI University

Ballone, L., & Czerniak, C. M., 2001,Electronic Journal of Science Education., 6(2)., 1-141.

Melinda, D., 2018, Identifikasi Gaya Belajar Model Kolb Terhadap Peserta Didik MAN II Yogyakarta. UNY.

Damayanti, L., 2016, Hubungan Gaya Belajar Siswa denagn Hasil Belajar IPS. Universitas Negeri Semarang: Under Graduates Thesis.

Purnawati, R., Paidi., & Sukarni, H., 2016, Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3).

Suwi, E., Situmorang, R. P., Hastuti, S. P.,2018, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran., 3(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.