Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis serta Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Surakarta

Pingkan Puteri Intani, Bakti Mulyani, Widiastuti Agustina Eko Setyowati

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving dilengkapi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi larutan penyangga kelas XI IPA 3 semester II SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana terdiri dari 2 siklus. Satu siklus terbagi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian yang bertindak sebagai subjek yaitu siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, angket, serta tes. Data bersumber dari guru dan siswa.  Penelitian menunjukkan hasil penerapan model pembelajaran Problem Solving dilengkapi LKPD pada materi larutan penyangga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa serta telah mencapai target baik aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Persentase ketercapaian kemampuan berpikir kritis siswa sebelum tindakan sebesar 32,35%, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 41,18% dan mengalami peningkatan kembali menjadi 76,47% pada siklus II. Besarnya persentase ketercapaian prestasi belajar aspek pengetahuan siklus pertama yaitu 44,12% kemudian mengalami peningkatan menjadi 79,41% pada siklus kedua. Persentase ketercapaian aspek sikap pada siklus I adalah 91,17% dan mengalami peningkatan menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan besarnya persentase aspek keterampilan siklus I yaitu 100%.

Keywords

penelitian tindakan kelas; problem solving; kemampuan berpikir kritis; prestasi belajar; larutan penyangga

Full Text:

PDF

References

Haryati, M., 2007, Model & Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta, Gaung Persada Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017, Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas.

Hardini, I. P., 2012, Strategi Pembelajaran Terpadu, Yogyakarta, Familia.

Mulyasa, E., 2014, Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2010, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta, Kencana Prenada Media.

Yamin, M., 2008, Paradigma Pendidikan Kontruktivistik, Jakarta, Gaung Persada Press.

Harsanto, R, 2005, Melatih Anak Berpikir Analistis, Kritis, dan Kreatif, Jakarta, Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nugraheni, D., Mulyani, S., dan Ariani, Sri R.D., 2013, Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 34–41.

Sahebzadeh, B., Kikha, A., Afshari Z., dan Kharadmand, Z., 2013, IJONTE, 4(8), 75–88.

Katriani, L., 2014, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, S,. 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD, Bandung, Alfabeta.

Moleong, L., 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Refika Adiatma.

Sariwati, L. N., Utami, B., dan Masykuri M., 2015, Jurnal Pendidikan Kimia,4(4), 123–131.

Öner, F., Celik, A.Y., dan Sagir, U.S., 2009, Procedia, 1,2678–2684.https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009 .01.473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.