Penerapan Model Learning Together Dilengkapi dengan LKS Terbimbing untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA 5 SMAN 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018

Rawa Dana Lestari, Sulistyo Saputro, Sri Retno Dwi Ariani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri kelas X MIPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta menggunakan model pembelajaran Learning Together (LT) dilengkapi dengan LKS terbimbing. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas X MIPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta. Tahapan tiap siklus pada penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta. Data dan sumber data yang digunakan diperoleh dari guru, siswa, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, angket, dan wawancara.  Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Together (LT) dapat meningkatkan: (1) interaksi sosial siswa materi stoikiometri dilihat dari kenaikan persentase yaitu pra siklus 46%, siklus I 67%, dan siklus II 82%; (2) prestasi belajar siswa dalam materi stoikometri pada aspek pengetahuan siklus I 67% menjadi 82% pada siklus II, aspek sikap 79% pada siklus I dan 94% pada siklus II, dan keterampilan mencapai ketuntasan 100%.

Keywords

interaksi sosial; prestasi belajar; Learning Together (LT); stoikiometri; penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

References

Arifin, Z. 2013.Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.

Trianto. 2010. Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.

Suryani, N & Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Soekanto, Soerjono. 2002.Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta :RajaGrafindo Persada.

Lie, Anita. 2004.Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Gokkurt, B., Dundar, S., Soylu, Y. &Akgun, L. 2012.Procedia – Social and Behavioral Sciences, 46, 3431-3434.

Rahmasari, K. S., Utami, B &Sugiharto. 2014.Jurnal Pendidikan Kimia 3(4), 155-161.

Arofah, A. A., Sudiyanto&Octoria, D. 2015. Jurnal Tata Arta UNS, 1(1), 125-134.

Celikler, D &Aksan, Z. 2012. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 46, 4611-4614.

Arikunto, S., Suhardjono&Supardi. 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

A. M. Miles, M., & Huberman. 2009.Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Slavin, Robert E. 2005.Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Soekanto, S. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.