Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Materi Hidrokarbon Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Media Interaktif

Noviana Putri Setya Hadi, Mohammad Masykuri, Haryono Haryono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Iindividualization (TAI) dilengkapi Macromedia Flash pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data adalah siswa, guru dan kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X-1 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Tingkat ketercapaian setelah tindakan I untuk aspek aktivitas siswa, aspek kognitif, dan aspek afektif yaitu 54,05%, 51,35%, dan 86,48%. Tingkat ketercapaian setelah tindakan II untuk aspek aktivitas siswa, aspek kognitif, dan aspek afektif meningkat menjadi 83,79%, 75,68% dan 91,89%. 

Keywords

penelitian tindakan kelas; Team Assisted Individualization (TAI); prestasi belajar; aktivitas; Macromedia Flash; hidrokarbon

Full Text:

PDF

References

Salirawati, D. (2008). Siapa Bilang Kimia Itu Sulit?. Online. http://staff.iny.ac.id diakses pada tanggal 23 Februari 2016.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Asrori, M. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Aziz, Z dan Hossain, M.A. (2010). A Comparison Of Cooperatif Learning and Conventional Theaching on Students’ Achievement in Secondary Mathemathics. Procedia Sosial and Behavioral Sciences, 9, 53-62.

Nneji, L. (2011). Impact Of Framing And Team Assisted Individualized Instructional Strategies Students’ Achievement In Basic ScienceIn In The North Central Zone Of Nigeria. Knowledge Review, 23(4), 1-8.

Awofala, dkk. (2013). Effect of Framing Team Assisted Individualised Instructional Strategies on Senior Secondary School Students’ Attitudes Toward Mathemathics. Acta Didactica Napocensia, 6(1), 1-22.

Rositawati, H., Nurhayati, D. N., Redjeki, T. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Dilengkapi dengan media Kartu Soal untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar pada Materi Hukum Dasar dan Konsep Mol Kelas X SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4),8-16.

Rejeki, S. G., Haryono, Ariani, S. R. D. (2013). Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi Peta Konsep untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 175-181.

Sugiyono (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Moleong, L.J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Noor, Z. A., Mulyani, S., Masykuri, M. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi Buku Saku dan Papan Karbon untuk Meningkatkan Kemampuan Memori dan Prestasi Belajar Siswa pada Senyawa Hidrokarbon Kelas XI MIA Semester Gasal SMA Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia. 4(2), 130-136.

Nasution, N. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inquiry Terbimbing Menggunakan Macromedia Flash Player untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia UNIMED.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.