Studi Eksplorasi Pelaksanaan Authentic Assessment pada Implementasi Kurikulum 2013 SMA Di Surakarta

Aurorana Aurorana, Bakti Mulyani, Budi Utami

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Penilaian Autentik  dalam pembelajaran kimia pada beberapa sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013 di kota Surakarta. Penelitian yang telah dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif berupa Exploratory Case Study Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA di Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan berupa wawancara, observasi, dan analisa dokumen. Data yang diperoleh dianalisa secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa SMA A telah melaksanakan penilaian autentik berupa jurnal, tes tertulis, tes lisan, penugasan, praktek, proyek, dan produk dengan capaian berturut-turut 83,33%, 100,00%, 75,00%, 91,67%, 75,00%, 75,00%, dan 62,50%. SMA B telah melaksanakan penilaian autentik berupa jurnal, tes tertulis, penugasan, dan praktek dengan capaian berturut-turut 25,00%, 100,00%, 66,67%, dan 35,00%. SMA C telah melaksanakan penilaian autentik berupa jurnal, tes tertulis, tes lisan, penugasan, praktek, proyek, dan produk dengan capaian berturut-turut 66,67%, 100,00%, 25,00%, 66,67%, 75,00%, 70,00%, dan 62,50%.

Keywords

Authentic Assessment; deskriptif; Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional” Indonesia.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Indonesia.

Zuriah, N. (2005). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Yin, R.K. (1994). Case Study Research: Design and Methods (2nd edition). California: Sage Publication.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Huberman, A. M. & Miles, M. B. (1984). Qualitative Data Analysis, A Sourcebook of New Method. California: SAGE Publication, Inc.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Press.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemendikbud.

Joughin, G. (2010). A Short Guide to Oral Assessment. Leeds: Leeds Met Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.