Penerapan Strategi Konflik Kognitif untuk Pembelajaran Remidiasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XII MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016

Eko Pujianto, Mohammad Masykuri, Suryadi Budi Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya miskonsepsi pada siswa kelas XII MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo, mengetahui penyebab miskonsepsi pada siswa tersebut, dan mengetahui pengurangan miskonsepsi setelah remediasi dengan strategi konflik kognitif pada materi pokok kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 2 dan 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data adalah instrumen Tes Pendeteksi Miskonsepsi Kimia (IPMK) yang dikembangkan oleh Das Salirawati, dan kemudian dilakukan wawancara dengan siswa yang dipengaruhi oleh miskonsepsi. Berdasarkan hasil data memberikan informasi bahwa ada miskonsepsi pada materi pokok kesetimbangan kimia untuk siswa kelas XII MIA SMA N 1 Sukoharjo. Miskonsepsi terjadi pada semua konsep dalam materi pokok kesetimbangan kimia. Konsep miskonsepsi yang paling umum adalah konsep keseimbangan dinamis dan pergeseran kesetimbangan. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa adalah karena kondisi siswa, yang meliputi prakonsepsi salah, intuisi yang salah, penalaran tidak lengkap, dan buku pegangan siswa. Setelah belajar strategi remediasi konflik kognitif terjadi pengurangan jumlah miskonsepsi siswa.


Keywords

miskonsepsi; kesetimbangan kimia; penyebab miskonsepsi; remediasi; konflik kognitif

Full Text:

PDF

References

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Berg, E. V. 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Satya Wacana.

Shen, M. M. 2013. Miskonsepsi dalam Pembelajaran di Sekolah. Diperoleh dari http://lpmpntb.org/serba_serbi.php?/50/miskonsepsi_dalam_pembelajarandi_sekolah. Diakses 7 Maret 2015.

Barker, V. 2004. Students misconceptions about basic chemicall ideas science and technology Group Institute of Education, Universityof London Tersedia di http://www.rsc.org/education/teachers/learnnet/pdf/LearnNet/rsc/micson.pdf. Diakses tanggal 1 maret 2015.

Salirawati, D. 2011., Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,15 (2), 232-249.

Kolomuç, A. & Tekin, S. 2011., Eurasian J. Phys. Chem. Educ, 03 (2): 84-101

Sadia, I W. 1997. Efektifitas Strategi Konflik Kognitif Dalam Mengubah Miskonsepsi Siswa (Suatu Studi Kuasi Eksperimental Dalam Pembelajaran Konsep Energi, Usaha, Dan Gaya di SMU N 1 Singaraja). Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: STKIP Singaraja.

Baser, M. 2006., Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2 (2), 108

Astuti, F. dkk. 2015., Jurnal Pendidikan Kimia , 5 (2), 99-102

Chiu, M. 2007, International Journal of Science Education., 29 (4), 421 – 452.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.