Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi dan Media Hyperchem untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Nur Huda Muttaqin, Sri Yamtinah, Suryadi Budi Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X 1 di SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dengan penerapan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) disertai diskusi dan (2) meningkatkan prestasi belajar pada materi ikatan kimia kelas X 1 di SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dengan penerapan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) disertai diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa prestasi belajar (aspek kognitif dan aspek afektif) dan aktivitas siswa. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, angket, observasi, dan wawancara, selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan Model Pembelajaran langsung (Direct Instruction) disertai diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi ikatan kimia di kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 92,59% dan tidak dilanjutkan pada siklus II. (2) penerapan Model Pembelajaran langsung (Direct Instruction) disertai diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi ikatan kimia di kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Aspek kognitif siswa pada siklus I  sebesar 14,82% meningkat menjadi 77,78% pada siklus II. Aspek afektif mencapai 88,88% pada siklus I dan tidak dilanjutkan pada siklus II.

Keywords

penelitian tindakan kelas; pembelajaran langsung; diskusi; aktivitas belajar siswa; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Hamalik, O. (2011). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin, M. (1995). Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya: Airlangga Press.

Indrawati. (2005). Model Pembelajaran Langsung. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Setiawan, W., Fitrajaya, E., & Mardiyanti, T. (2010). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3 (1), 7-10.

Yunitasari, W., Susilowati, E., & Nurhayati, N.D. (2013). Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (3), 182-190.

Chonstantika, A. L., Haryono, & Yamtinah, S. (2013). Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (3), 25-33.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1995). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.