Upaya Peningkatan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Together (LT) Dilengkapi dengan Kartu Pintar pada Materi Stoikiometri bagi Peserta Didik Kelas X MIA-2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016

Annas Fahmi Ramadan, Haryono Haryono, Bakti Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan interaksi sosial siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Together (LT) dilengkapi kartu pintar pada materi pokok stoikiometri kelas X MIA-2 Semester Genap SMA Batik 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang  terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X MIA-2 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar dan interaksi sosial siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Learning Together (LT) dilengkapi kartu pintar. Aspek pengetahuan mengalami peningkatan dari siklus I  sebesar 62,50% menjadi 82,50% pada siklus II. Aspek Interaksi Sosial mengalami peningkatan dari 74,61% pada siklus I menjadi 79,20% pada sikus II. Aspek sikap mengalami peningkatan dari dari siklus I sebesar 78,46% menjadi 82,25% pada siklus II. Aspek Sikap hanya ada pada siklus I yaitu sebesar 77,50%.

Keywords

Learning Together (LT); interaksi sosial; prestasi belajar; media kartu pintar; stoikiometri

Full Text:

PDF

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Direktorat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terj. Yusron, Narulita. Bandung: Nusa Media.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Okur & Doymus. (2014). The Effect of Diffrent Metods of Cooperative Learning Model on Academic Achievement in Physic. Journal of Turkish Science Education 11(4): 17-30.

Sumpana. (2014). Pengembangan Pembelajaran Menerapkan Budaya Hidup Sehat Menggunakan Media Kartu Pintar Siswa Kelas IV SDN 01 Sekaran Semarang. Journal of Physical Education, Sport & Health.

Moleong, L.J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.