Studi Komparasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving dan Group Investigation dengan Memperhatikan Kemampuan Berpikir Analisis terhadap Prestasi Belajar

Ririn Lisnawati, Widiastuti Agustina Eko Setyowati, Haryono Haryono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya: (1) pengaruh model pembelajaran Coopertive Problem Solving (CPS) dan Group Investigation (GI) terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp), (2) pengaruh kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp), dan (3) interaksi antara model pembelajaran Coopertive Problem Solving (CPS) dan Group Investigation (GI) dengan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis non parametrik Kruskal Wallis. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, yaitu: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran CPS dan GI terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan sikap, tetapi tidak berpengaruh terhadap aspek keterampilan peserta didik, (2) tidak terdapat pengaruh kemampuan berpikir analisis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar peserta didik, baik aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran CPS dan GI dengan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan sikap, namun tidak ada interaksi antara model pembelajaran CPS dan GI dengan kemapuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar peserta didik aspek keterampilan.

Keywords

Coopertive Problem Solving (CPS); Group Investigation (GI); kemampuan berpikir analisis; prestasi belajar; kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan (Ksp)

Full Text:

PDF

References

Mulyasa, E.. (2013). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Esan, Femi. (2015). Cooperative Problem-Soving Strategy and Student’s Learning Outcomes in Algebraic Word Problem: A Nigerian Case. International Journal for Infonomic (IJI), 8 (1), 986-989.

Budi, Lina; Yamtinah, Sri; dan Redjeki, Tri. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik Kelas XI SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurna Pendidikan Kimia, 2 (3), 10-18.

Sunhaji. (2016). Implementation of Cooperative Learning Strategy in Forming The Student about Thinking Skill of The Whole of State Islamic Senior High School in Purwokerto City Indonesia. International Journal of Education and Research, 4 (10), 131-144.

Assegaff, Asani dan Sontani, Tatang. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkotaan, 1 (1), 40-51.

Septyadini, Dita; Saputro, Sulistyo; dan Suryadi Budi. (2017). Komparasi Problem Soving dan Group Investigation Dilengkapi Catatan Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Analisis pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA N 1 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6 (1), 84-93.

Suryabrata, Sumadi. (2004). Psikolgi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Utami, Budhi. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran GI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis dan hasil Belajar pada Siswa Kelas X4 pada Materi Kingdom Animalia di SMA Daha Kediri. Prossiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 222-224.

Sandi, S; Cooper, M; and Stevens, R. (2012) Effect of Cooperative Problem-Based Lab Instruction on Metacognition and Problem-Solving Skills. Journal of Chemical Education, 89, 700-706.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.