Peningkatan Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) Dilengkapi Modul Chemistry Magazine pada Materi Redoks Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018

Inayah Hanum, Sulistyo Saputro, Endang Susilowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan literasi sains siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) dilengkapi modul chemistry magazine; (2) prestasi belajar siswa pada materi redoks kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7 Surakarta menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dilengkapi modul chemistry magazine. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7 Surakarta. Penelitian ini terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7 Surakarta. Data dan sumber data yang digunakan diperoleh dari guru, siswa dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dilengkapi modul chemistry magazine mampu meningkatkan: (1) kemampuan literasi sains siswa pada materi redoks dilihat dari kenaikan prasiklus sebesar 9,45% pada siklus I dan 48,28% pada siklus II. (2) prestasi belajar siswa dalam materi redoks pada aspek pengetahuan siklus I sebesar 17,24% menjadi 65,52% pada siklus II. Pada aspek sikap dan keterampilan mencapai ketuntasan 100%.

Keywords

kemampuan literasi sains; prestasi belajar; Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); redoks

Full Text:

PDF

References

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2014 Tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

Ojimba, D. P. (2013). Educational Research International. 2(1), 141-145

Toharudin, U., Hendrawati, S., &Rustaman, A., (2011). Membangun Literasi Sains Siswa. Bandung: Humaniora.

OECD. (2013). PISA 2015 FDraff Science Framework.

Iswari, N. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Sains Terhadap Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Reaksi Redoks Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015/2016. Mataram: Unram-Press.

Astuti, Y. K. (2016). Jurnal Unwir Gema Wilalodra, 7(3B), 67–72.

Lie, Anita. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Gupta, M., & Ahuja, J. (2014). International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL), 2(5), 37–46.

Yuliana, D., Walanda, D. K., & Rahman. (2014). Jurnal Akademika Kimia, 3, 50–56.

Durukan, E. (2011). Educational Research and Review, 6 (1), pp.102-109.

Miles., M.B &Huberman, A.M. 1995. Analisis Data Kualitatif, Terj. TjetjepRohendiRohidi. Jakarta: UI-Press.

Asyhari, A., & Hartati, R. (2016). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Devi, E.K. (2013). Pengaruh Penggunaan Modul Chemistry Magazine Berbasis Inquiry pada Pembelajaran Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Magelang. Semarang: Unnes-Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.