Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Teras

Rahardian Prihastoto, Haryono Haryono, Ashadi Ashadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) rasa ingin tahu dan (2) prestasi belajar (sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan) siswa pada materi kesetimbangan kimia dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016.Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui angket, tes, observasi serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (aspek pengetahuan 47,06% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II) pada materi kesetimbangan kimia. Rasa ingin tahu siswa telah tercapai pada siklus I dengan persentase sebesar 73,00%. Dari aspek sikap sosial mencapai target, yaitu dengan persentase 81,81% pada siklus I. Pada aspek keterampilan mencapai 94,12%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan: (1) rasa ingin tahu dan (2) prestasi belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Teras.

Keywords

penelitian tindakan kelas; Learning Cycle 5E; rasa ingin tahu; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Cynthia, S.D., Mulyani, Bakti., Utami, Budi. (2013). Penerapan Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) Dengan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 1-6.

Listyotami, M.K. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII A SMP N 15 Yogyakarta melalui Model Pembelajaran Learning Cycle ā€œ5Eā€. Universitas Negeri Yogyakarta: SKRIPSI

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2011). Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Andi Offset.

Raka, G. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Anwar, H. (2009). Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu, 2(5), 103-113.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.