Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Catatan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Prestasi Belajar Siswa

Bella Seba Sirojul Umah, Endang Susilowati, Ashadi Ashadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan prestasi belajar siswa melalui penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi reaksi reduksi oksidasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan prestasi belajar siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi diSMA Al-Islam1 Surakarta. Presentasi ketercapaian kemampuan berpikir logis siswa pada siklus I sebesar 55%, dan meningkat pada siklus II menjadi 91%. Presentase ketercapaian prestasi belajar untuk aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 33%, dan meningkat pada siklus II menjadi 67%, untuk aspek sikap presentase ketercapaian pada siklus I sebesar 97% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%, untuk aspek keterampilan presentase ketercapaian pada siklus I sebesar 81% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%.

Keywords

pPenelitian tindakan kelas; catatan terbimbing; kemampuan berpikir logis; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Z. Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

D. King, A. Bellocchi, and S. M. Ritchie,2008, Res Sci Educ, vol. 38, no. 3, pp. 365–384.

N. A. Neef, B. E. McCord, and S. J. Ferreri, 2006, J. Appl. Behav. Anal., vol. 39, no. 1, pp. 123–130.

W. L. Williams, T. M.Weil, and J. C.K.Porter, (2012), Behav. Anal. Today, vol. 13, no. 1, pp. 12–16,

E. Sulistyaningsih, Ashadi, and W. A. E. Setyowati, 2015, J. Pendidik. Kim., vol. 4, no. 2, pp. 1–7.

N. Asmarisa, E. Budiasih, and Suharti, 2017,J. Pendidik., vol. 2, no. 9, pp. 1277–1282.

B. S. S. and S. A. and O. Sumarna, 2017,J. Phys. Conf. Ser., vol. 895, no. 1, p. 12111.

S. Şengül and I. Üner, 2010, Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 5441–5445, 2010.

N. Sezen and A. Bülbül, 2011, Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 15, pp. 2476–2480.

G. Mursito, “Pembelajaran Kimia menggunkan pendekatan Contexual Teaching and Learning (CTL) dengan media concept map dan mind map ditinjau dari kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir kreatif siswa,” Sebelas Maret, 2014.diperoleh tanggal 10 Oktober 2017 dari https://digilib.uns.ac.id/

E. Suryawati, K. Osman, and T. S. M. Meerah, 2010, Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 9, pp. 1717–1721.

L. A. Raub., N. A. Shukor., M. Y. Arshad., and M. S. Rosli., 2015, Int. Educ. Stud., vol. 8, no. 13, p. 41.

E. B. Johnson, CTL (Contextual Teaching and Learning). Bandung: Penerbit Kaifa, 2010.

M. L.Crawford, Teaching Contextually. Waco: CCl Publishinng,Inc, 2001.

W. Sanjaya. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

N. Valanides, 1997, Educ. Res. Eval., vol. 3, no. 2, pp. 160–186,

Supardi. and Suhardjono. (2012) Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Andi offset.

M. J. Padilla, J. R. Okey, and F. G. Dillashaw, 1983, J. Res. Sci. Teach., vol. 20, no. 3, pp. 239–246.

D. U. Ningsih, S. Santosa, and B. Sugiharto, 2011, Pendidik. Biol., vol. 3, no. 2, pp. 55–64.

A. M. Miles, M., & Huberman, Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press, 2009.

A. Rakhmawan and M. Vitasari, 2016,J. Penelit. dan Pembelajaran IPA, vol. 2, no. 1, pp. 99–109.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.